nhk

Piston Moto 1 Racing: Seher Lahir Dari Riset Liaran

ManiakMotor – Bagi mekanik, joki dan pemerhati liaran pasti sudah tahu piston Moto 1 (one) Racing yang tulisannya Moto1Racing. Karena inilah piston 4 tak yang terjangkau oleh mereka namun berperforma tinggi. Sesuai kebutuhan mereka.

Lihat saja tersedia dari ukuran diameter 57 mm  sampai 79 mm dengan pin piston dari diameter 13 mm – 16 mm. Komplit bro! Tersedia pula untuk model casting dan forging. Ada juga yang satu ring dan dua ring piston. Terserah mau pilih yang mana? Eit ring sehernya pakai RK yang ngetop di dunia, namun desainnya atas permintaan Moto 1 Racing.

Piston khusus balap, tapi  untuk casting banyak diriset di liaran terutama untuk jarak 500 meter.  “Jangan khawatir sebentar lagi balap liar akan dilegalkan Polda Metro yang bekerjasama dengan  IMI DKI. Modelnya seperti car freeday pada wilayah-wilayah di DKI yang selama ini jadi pusat balap liar. Tentu saja ‘peserta’ harus memenuhi syarat, misalnya wajib pakai helm,” sebut A Judiarto dari IMI DKI yang menyebut Gubernur Ahok sudah setuju dengan usul tersebut.

Lha malah belok ke balap liar yang mau dilegalkan? Kan cerita piston yang lahir dari liaran. Khusus casting diminati karena murah meriah, tapi bukan murahan. “Risetnya panjang. Contoh saja untuk liaran yang aturan selembaran, ini piston bisa naik stroke yang paling tinggi pada setiap motor,” terang Bong Edwyen dari markas CMS sebagai distributor Moto1Racing di Bendungan Jago No.2, Serdang, Jakarta Pusat 10650. Wah kalau CMS mah pemain lama soal suku cadang bermutu sejak 90-an.

Maksudnya, saat naik stroke, piston akan muncul dari bibir silinder, semakin naik semakin banyak tongolnya. Pada piston yang lain merek, akan sulit menggali dome-nya untuk tonjokan klep, pistonnya mudah bolong. Untuk Moto 1 Raicing, konstruksi untuk hal itu sudah diperhitungkan, coba lihat foto yang diberi tanda panah. Pada bagian panah itu sudut dagingnya dibikin lebih tebal sehingga saat naik stroke dan coakan untuk payung klep lebih dalam.

Model casting piston Moto 1 Racing yang diminati lantaran harganya saja, terjangkau oleh kalangan liaran. Itu saja, walau tersedia juga forging. Kan model casting atau piston cetak cair lebih murah dari forging yang bahan metalnya ditempa.

Itu tadi bukan murahan. Perhatikan saja kepala pistonnya diklaim paling pendek bodinya dari yang menyebut piston racing di Indonesia. Lihat juga kaki-kaki pistonnya yang ringkas. “Kalau sudah begitu, prakteknya piston akan ringan bobotnya. Bahan juga pengaruh pada gesekannya yang  singkat pada silinder,” pungkas Edwin yang akrab disapa Koh Apeng yang bisa dihubungi di 0818170021 dan 085100880021. Wa 082210272121. MM

BACA JUGA

Tips Motor: Kode Bearing/Laher Pastikan Sesuai Peruntukan

Tips Motor: Begini Caranya Mengatasi Rem Bergetar Saat Direm

Pakai Knalpot ProSpeed MF Black Series, R25 Naik 2 dk dan Torsi 4 Nm, Asyik Tarikan Awal

Tips Motor: Kiat Ganti Ban Gambot Aman Dan Nyaman

Tips Motor: Cara Pasang Penahan Grip Gas, Nyaman Bro, Ingin Gas Terus..!

BAGIKAN