Podium Pertama Pedro Acosta dan Brad Binder Masih Unggul: MotoGP 2024 Jadi Era Emas KTM, Siap Jadi Ancaman untuk Ducati?

Maniakmotor.com — Di tengah gempuran dominasi jayanya Ducati di skena MotoGP, masih ada pabrikan Austria satu ini yang bisa dibilang cukup bersaing musim ini. Bahkan gak nanggung-nanggung, diklaim punya potensi jadi ancaman buat Ducati. 

Siapa lagi ye kan, kalau bukan pabrikan dari rookie Pedro Acosta yang podium ke-3 di Portimao kemarin, KTM. Dari lima besar hasil balapan seri kedua (Portugal) kemarin saja, 3  di antaranya adalah pembalap KTM.

Hooh, ke-4 nyaris podium, Brad Binder, dan di belakangnya adalah rekan setim sendiri di tim pabrikan KTM, Jack Miller. Walaupun, Miller bisa dibilang angot-angotan performanya, alias belum konsisten selalu terdepan. Pembalap pabrikan satu ini bisa dibilang oke juga. 

Komentator MotoGP, Simon Crafar, dilansir dari Crash (Sabtu, 30/03-2024), ungkap di musim ini, doi setuju kalau KTM dicap berada di era emasnya. KTM berkembang pesat dengan membuat langkah besar di segala aspek permesinan duniawi mereka. 

Crafar menilai, mungkin di beberapa sirkuit ke depannya, pabrikan Austria tersebut akan alami kesulitan, seperti di Thailand nanti misalnya. Tapi, doi yakin, KTM akan belajar dari situ. Apalagi kita tau ya bro, sirkuit udah tak sesignifikan itu, bila dibandingkan dengan motor dan pembalapnya itu sendiri.

“Mereka (KTM)  sama sekali tidak terlihat memiliki banyak kelemahan. Saya tahu KTM punya kekuatan dengan mesinnya untuk melawan para rival pabrikan lain,” ucap Crafar.

Sorotan utama dari pabrikan tersebut, yang pasti adalah soal rookie Acosta, sang Juara Dunia Moto2, dan langsung debut di MotoGP musim berikutnya. Baru seri kedua saja, Acosta berhasil jadi pembalap termuda pun raih podium pertamanya.

Dirinya bersaing dengan pembalap senior “sulit” lain seperti Jorge Martin, Pecco Bagnaia, Enea Bastianini, pun yang selalu dibandingkan dengan doi, Marc Marquez.

Memang sih, Acosta belum pasti-pasti banget alias saklek, untuk jadi pembalap kesayangan KTM. Tetapi, untuk musim pertamanya di MotoGP, dirinya amat bisa kok dicap potensial, menjanjikan masa depan doi dengan KTM di musim berikutnya. 

Begitupun Binder, yang walaupun belum podium lagi di Portimao kemarin. Setidaknya sejauh ini, dirinya konsisten dengan posisi depan yang nggak anjlok-anjlok amat. Satu lagi, jangan lupakan, Miller, yang posisinya rentan tak diperpanjang musim berikutnya, tetapi sudah buktikan meraih kepercayaan dari publik maupun KTM, kalau dirinya masih ada ‘harapan’. Jadi, sekali lagi, akankah seoptimis itu gambaran pabrikan Austria di musim ini? Hehe.

-Diva