nhk

Pole Marquez Dianulir Di GP Malaysia 2018, Jadi Start Grid 7! Zarco Grid 1 Dan Rossi 2

29 Iannone dan 93 Marquez Sepang 2018a

ManiakMotor – Pole position Marc Marquez di sirkuit Sepang, Malaysia pada Sabtu 3 November 2018 dianulir. Yang menganulir Race Direction yang mengatur lomba MotoGP. Pembalap Repsol Honda ini kena penalti dan mundur enam posisi dari hasil Q2 tersebut. Artinya saat balapan Minggu 4 November 2018, dia start dari grid 7.

Marquez memang hanya menengok ke kanan

Penyebabnya, Marquez di sesi kualifikasi menghalangi Andrea Iannone. Peristiwanya jelang akhir sesi Q2, “Saya memang melambat dan saya membiarkan Dovizioso menyusul. Kemudian saya tengok belakang dan hanya ada satu Suzuki, yakni Alex Rins. Tetapi karena Iannone mungkin berada di sisi lain (kiri), saya tidak melihatnya,” papar Marquez yang tetap memuji kecepatannya ketika basah.

Memang Marquez saat melambat hanya menengok ke kanan dan tak sadar Iannone yang lagi ngebut berada di sisi kirinya. Makanya jadi menghalangi Iannone di tikungan ke-9 yang ke kiri. Coba lihat dua foto screenshot. Pembalap Suzuki ini terpaksa memperlambat motornya dan baru menyalip saat Marquez ke kanan.

“Jadi saat masuk di tikungan itu dia (Iannone) mengambil alih saya dari dalam. Saat dia (Iannone) lewat, baru saya melihatnya. Ya mungkin saya mengganggunya. Tapi itu semua  keputusan ada di Race Direction. Asli saya tidak melihatnya,” tambah Marquez.

Dengan mundurnya Marquez ke grid 7, posisi grid pun berubah. Baris depan jadi Johan Zarco pole, kedua Valentino Rossi dan Iannone ketiga, begitu seterusnya sampai posisi ke-7 ditempati Danilo Pterucci. Ya Petrucci-nya jadi ke-6 dan Marquez jadi ke-7. MM

BACA JUGA

Hasil MotoGP Sepang, Malaysia 2018 Moto2 Dan Moto3

Jelang Race MotoGP Sepang 2018: Rossi Memuji M1-nya, Siap Basah Dan Kering