nhk

PON XIX Jabar 2016: FDR Ban Resmi Motor Balap, Pembuktian MP 76 dan XR!

PON XIX, Ban FDR, Road race
Ada dua pilihan ban

ManiakMotor Cabang balap motor di arena PON XIX dimulai dengan latihan  di sirkuit Bukit Peuser, Tasikmalaya, Jabar, hari ini (24/9).  Selain unit sepeda motor sama, komponen lainnya adalah pemakaian ban pun seragam. Nah, pilihan jatuh pada ban Sport FDR MP76 dan Sport XR.

FDR, PON XIX, Totok, Tasik
Totok dari FDR

Yes, 150 unit motor yang dipakai di PON XIX (cabor balap motor) kali ini memang memakai ua jenis ban andalan produk PT. Suryaraya Rubberindo Industries (SRI). Itu lantaran FDR dipercaya sebagai salah satu sponsor (official tire) hajatan empat tahunan itu. “MP 76 digunakan di kelas 125 cc (Blade) depan-belakang, sedangkan XR pada kelas 150 cc (Sonic) yang belakang. Untuk depan tetap pakai MP 76,”sebut Totok dari ‘juru sibuk’ FDR diberbagai event balap tanah air.

Pastinya, dua spek tadi sudah dirancang khusus alias spesifikasi balap baik kondisi trek kering maupun basah. Soal keandalan? Terbukti pada pacuan beberapa tim yang berlaga di motoprix di semua region. Sonic andalan Boy Arbi (Kawahara) misalnya, pemimpin klasemen MP 1 (150 cc) saat ini.

Road Race, PON XIX, Tasik
Mobil servis car siap melayani pebalap

Nah, macam dibeberapa event sebelumnya,”FDR tetap hadirkan service car dengan dukungan teknisi yang andal. Masing-masing motor diberi kesempatan tiga kali penggantian mulai dari sesi latihan, kualifikasi dan final. Semua harus dilakukan dengan profesional pada balap dengan tensi tinggi ini. Ini adalah kebanggaan kami, bisa berkontribusi pada event yang jadi gengsi masing-masing daerah,”lanjut Totok seraya menyebut 1000 pcs disiapkan khusus di perhelatan ini.

Menarik ditunggu lantaran karakter sirkuit Bukit Peusar yang ‘unik’. “Karakter Bukit Peusar macam Laguna Seca, naik-turun dengan 12 tikungan variatif. Management ban jadi salah satu kuncian disini,”nilai Anggi Permana, andalan tuan rumah yang paham betul sirkuit ini.

Dengan terbatasnya regulasi, faktor ban jadi salah satu penentu. Kecermatan menentukan tekanan ban salah satunya. Seru! Ardel       

BACA JUGA

Hasil Balap Motor PON XIX Jabar, Bukit Peusar, Tasik, Jabar 24 – 25 September 2016

BAGIKAN