nhk

Powder Coating, Cat Tingkat Dewa

ManiakMotor – Tidak seperti cat yang berupa cairan. Powder coating (PD) seperti bedak atau bubuk halus yang berwarna. Cat ini tahan terhadap panas dan goresan. Maka lebih sering dipakai pada rangka, pelek bahkan crankcase. Ketika cat terbentur atau tergores, hanya wilayah yang kena benturan yang luka. Namanya juga cat tingkatan dewa. Persis dewa mabuk, semabuk-mabuknya tetap dewa.

Berarti yang bisa memainkan bubuknya seseorang yang tingkat dewa juga, dong. Dia boleh main gitar bersama grub band Gigi. Itu sih Dewa Bujana, bos. Ini namanya Yanto, dewa cat yang buka praktek di Jl. Merpati Raya No. 96. Kampung Sawah, Ciputat, Tanggerang Selatan, Banten. Nama bengkel catnya Yanto Powder Coating (YPC).

Bicara dewa, nulisnya juga harus dewa, dewa bacot juga ndak  masalah. Asal jangan dewa rusuh yang jauh dari Dewa Ruci. Sudah, sudah, Pak Yanto dari tadi ingin baca sambungan cerita dewa. Dia kerap dijadikan langganan para dewa  modifikator mobil dan motor,  “Mulai bagian kecil sampai yang besar, kalau ada izin dari Allah, saya bisa  kerjakan. Yang penting materialnya bukan dari plastik, “ ungkap Yanto. Tuh, dewa saja, masih harus izin yang di Atas. Apalagi lu…

Proses awal cat tingkat dewa, seperti pencelupan krom. Semua media yang nantinya kena PD, harus dibersihkan dari cat, karat dan kotoran lain. Selanjutnya dicelup pada bak berisi cairan kimia, bernama deruster (larutan asam yang mengandung detergent). Di situ segala kotoran rontok, termasuk kotoran yang sudah mendewa.

Yanto mengaku sebelum seperti sekarang dia harus jadi anak buah dulu. Memang tidak ada yang langsung jadi dewa. Termasuk yang berkantor di Senayan. Itu kan kantor Dewa Perwakilan Rakyat. Ngarang, kurang ‘n’, coy. “Dulu saya bekerja di pabrikan motor Jatayu yang sempat booming. Saya yang pegang powder coating,” cerita pria  asal Jawa Tengah yang berumur 36 tahun ini.

Yanto seperti tangan dewa memainkan gun sprayer sebagai media penyemprot. Itu yang keluar bukan cairan, tapi bubuk sangat halus yang nantinya di oven 200 deratat celcius, “Lamanya proses 40 menit, dalam proses ini, bubuk cat dibuat menyatu dengan objek cat,” lanjut Yanto yang bisa diajak  ‘dewa-dewi’  di hp 085710255579. Adit



BERITA TERKAIT:
Supri, 14 Tahun Menyetel Pelek Jari-Jari
Paso Sticker, Ahlinya Efek Gradasi
Sumardi Lestari, Peracik Gigi Rasio Dari Solo
Pengrajin Kulit Jok, Oim Saja Namanya
Mantan Artis Ahli Krom
Helmy Sungkar Sudah 60 Tahun
Bukan Bule Biasa
Bupati Yang Doyan Motor
Haposan, Ahli Honing Indonesia



 

BAGIKAN