nhk

Powertrack 2016 Banjarnegara (Seri 2): Ramai-Ramai Tarik Nafas Di Dataran Tinggi

power-track-banjarnegara2016

ManiakMotor – Makin tinggi  daratan, makin rendah O2, makin sedikit O2 yang dapat dihirup atau kelembabannya tipis.Tantangan itu yang jadi daya tarik IRC Powertrack Seri kedua (5/6-2016) ini di Banjarnegara, Jateng. Event ionio garapan Lightning Production.

Sirkuit yang dipakai yakni Pranggen, Sumberejo, Batur di Banjarnegara. Seacara geografis,  berada di dataran tinggi (± 2000 dpl). So, tak hanya adu performa motor, juga stamina para penggaruk tanah. “Bernapas adalah proses mengambil atau menghirup udara dengan alat-alat pernapasan. Ada beberapa faktor yang  mempengaruhi seperti usia, suhu, gaya hidup, jenis kelamin juga ketinggian,”ujar Gandung Darmoko, pelatih fisik papan atas yang memang aktif hadir di kejuraan garak tanah.  

Akan terlihat siapa yang bisa jaga ritme nafas. Terlebih pembalap senior bisa ikut 4-5 kelas atau 8-10 moto. “Kalo soal fisik nggak terlalu ngaruh, soalnya suhu justru adem. Jadi nggak terlalu capek, tapi yang bikin kendala soal nafas. Dataran tinggi begini nafas jadi berat, kalau belum terbiasa bisa kehabisan nafas. Beruntung  aku sudah bisa adaptasim karena sering latihan disini, kan tuan rumah,” komentar Rizky HK andalan tim Rehobat Norifumi TK Racing VMX Solomarmer.

Benar saja, di sesi kuafikasi yang dimainkan Sabtu (4/6), pembalap yang pakai motor korekan Imam Syafi’I itu, tercepat di bebek 110, 130 dan ketiga di sport (senior). Meski begitu, Rizky bilang persaingan tetap ketat, mengingat kekuatan motor seimbang. Menarik ditunggu perlawanan petarung senior Akbar Taufan, “Seri 1 lalu mulai bangkit lagi. Di sini pertaruhannya soal pernafasan. Kita lihat besok,” lantang pembalap asal Salatiga, Jateng itu.

Tantangan itu pula diakui oleh Agi Agassi (KTM Dunlop),”Salah satu triknya ambil nafas waktu di tikungan dan saat jumping. Pokoknya kudu pintar atur nafas,” kata Agi yang seri 1 lalu kuasai kelas MX2 Open.   Soal ketahanan nafas ini, pembalap professional biasa dilatih dengan lari ketahanan. Ardel

BACA JUGA

Power Track 2016 Ambarawa (Seri 1): Lagi, Rehobat TK Racing Team, Ini Rahasianya

Wild Card MXGP Malah Ukurannya Dari Power Track 2016, Bukan Kejurnas Motocross?

Power Track 2016 Ambarawa (Seri 1); Rehobat, Tambah Amunisi , Peneror Juara Umum! 

BAGIKAN