nhk

Pra PON 2016 Cabang Balap Motor Di Sentul Kecil: Para Pemburu Emas Gabungan Pembalap Setiap Level

 

 

ManiakMotor – Para pemburu emas dari cabang balap motor berdatangan ke Sentul Kecil atau Sentul Karting Internatrional Circuit (SKIC), Bogor Jabar. Mereka akan ikut pra PON yang berlangsung dari 3 – 5 November 2015. PON atau Pekan Olahraga Nasional sendiri akan berlangsung di Jabar pada 2016.    

Tentu saja para pembalap papan atas Indonesia yang telah menyebar ke porovinsi masing-masing. “Mereka membawa nama daerahnya. Pada 3 November baru registrasi , 4 November ada QTT dan 5 November final race. Untuk PON 19 ini  ada dua kelas motor, yakni Bebek 150 dan Bebek 125,” jelas Eddy Horison, panitia pra PON untuk cabang balap motor.

Cabang balap motor akan memperebutkan empat emas. Yakni perorangan kelas 150 dan 125, juga beregu dari dua kelas tersebut.  “Memang ketat. Sebab pembalap internasional, nasional dan bahkan pemula digabung jadi satu,” jelas Reinaldy Pradana alias Rere dari Pengprov Banten yang tahun ini juara MP1 di region Jawa.

Rere harus berhadapan dengan HA Yudhistira yang jagoan supersport 600 cc ARRC sekaligus IndoPrix. Yudhistira di PON 2016 memperkuat pasukan DKI bersama Rafid Topan dan Wilman Hammer. Kalau dari namanya yang asli DKI hanya Topan. Sedangkan Yudhistira aslinya kan Binuang, Kalsel, tapi belakangan mengantongi KIS (Kartu Izin Start) DKI. Sama juga dengan Hammer yang aslinya Sulsel, tapi sudah ber-KIS DKI. Otomatis keduanya mewakili DKI untuk PON ke-19 di Jabar pada 2016 nanti.

Masih banyak talenta-talenta lain yang bisa saja tak lolos di Pra PON ini. Yang sudah terdafatr 124 peserta dari 31 provinsi. “Nantinya mereka dibagi setiap grup pada setiap kelas. Contoh, bila ada dua grup, jadi ada grup A, B dan seterusnya. Setiap grup diadu lewat kualifikasi atau QTT. Jika ada dua grup, setiap  grup akan diambil 13 pembalap yang akan dilepas untuk race final yang diisi 26 pembalap sesuai kapasitas Sentul Kecil. Komposisi ini akan seterusnya berhak mengikuti PON 2016,” tambah Horison.  

Eit hampir lupa. Supaya adil antar merek, kelas 150 cc menggunakan Yamaha MX150. Sedang untuk 125 pakai Honda Blade Fi 125. Motor ini hanya dikorek standar agar layak buat balap. Nggak ditune habis-habisan, supaya aman sampai finish, hehe. Rzk   

BACA JUGA

Hasil Pra PON 19 Sentul Kecil 3 – 5 November 2015

MotoPrix 2015; Squad Pra PON Papua Barat, It’s Dream Team!

Balap Motor PON XVIII Riau, Medali Banyak Di Jawa, Bukti Kompetisi..!

Emas Jabar Di PON XVIII Riau, Hasil Kerjasama, Namanya Juga Beregu, Bro..!

BAGIKAN