nhk

PRJ, Benelli Cafe Racer 1130 cc Yang Otot Kawat

 

ManiakMotor – Postur motor ini berotot kawat. Darahnya tetap oli. Minumnya juga bengsin. Tidak ada dua unsur itu, namanya motor mainan. Trus, trus, rangkanya pipa bulat saling tusuk pada pegangan mesin dan pipa yang sama sampai ke lengan ayun. Roda besar dan ban seukuran mobil 180/65, ini hanya andai lho.  Bongkahan engine tidak kalah, kira-kira seukuran mesin Nissan March yang tiga silinder. Pasti, siapa pun akan terpesona di saat persiapan pengerjaan stand PRJ. Lha, wong, biasa lihat itik kok.

Itu Benelli Café Racer 1.130 di PRJ. Fotonya diambil 13 Juni 2012 waktu stand-stand PRJ masih berantakan. Motor buatan Italia ini baru turun dari truk atau dalam proses loading. Ini motor pabriknya sudah ada 100 tahun lalu di negaranya Valentino Rossi, Italia. Yang datang ke PRJ sebagai gacoan pabrikan Benelli Motor Indonesia (BOI), model cafe racer (CR) seperti tipenya. BOI baru berdiri pada 2012 ini.

Istilah CR ngetop di zaman bali (balap liar) Eropa awal 1980. Capek kebut-kebutan haram itu, lantas nongkrong di cafe. Puas minum, balap lagi dan nongkrong lagi di cafe. Kalau di sini seperti nongkrong di tenda Indomie. Usai kenyang lanjut lagi balap liarnya. “Sengaja desainnya simpel, untuk memperlihatkan teknologi dari bagian mesin dan sebagainya,” ungkap Joel Kusuma selaku Business Development Manager BOI.

Selain rangka telanjang bulat, desain belulang dibikin menarik yang disebut simpel itu. Bahkan pengait atau pengangan mesin dari rangka juga telanjang. Baut-baut model bintang yang bermutu bisa dilihat langsung memegang mesin. Sampai pertemuan rangka di dekat lengan ayun bisa dianalis. Bawah, itu rangka bisa diurai per bagian. Setiap sambungan rangka ada klem pengikat.

Hider atau tiga leher kenalpot bergabung jadi satu (3-1) dari mesin tiga silinder sebaris (in line), juga jelas. Leher-leher kenalpot itu bagian dari penampilan yang disebut simpel tadi. Radiator mengapit sisi kanan dan kiri mesin, tak usah khawatir kekurangan hembusan angin. Setiap radiator dilengkapi extra fan,” jelas Joel yang sangat bersemnagat menjelaskan kelebihan mesin dan sasis.

Benelli yang bukan benalu itu, sudah ada sejak 1911 dan memang tidak main-main mengejutkan PRJ. Walau belum kedengaran di balap motor dunia, kaliper rem pakai Brembo dan suspensi depan upside down keluaran Marzocchi. Apalagi instrumen dilengkapi tombol  power control, “Fungsi tombol ini untuk membatasi tenaga, macam traction control di MotoGP,” jelas Joel pada kuda besi yang dilepas Rp 385 juta itu.

Korupsi dulu ah... adit

BERITA TERKAIT:
AHM Luncurkan Honda PCX150 Di PRJ
Pesta Otomotif Di PRJ, Sudah Dimulai (Foto)
PT Gajah Tunggal TBK, Persiapan Serbu PRJ Dengan Zeneos
Persiapan Pabrikan Di PRJ Dalam Gambar


 

 
 
 
 
 
 

 

BAGIKAN