nhk

Produk Baru : Akhirnya Kawasaki Perkenalkan ZX-10R 2016, Buaanyak Teknologi Canggih, Siap Bersaing Sama Yamaha dan Honda

 

 

ManiakMotor – Halo penggemar moge Kawasaki. Kemarin (10/7), Kawasaki Heavy Industries (KHI) telah meluncurkan Ninja ZX-10R 2016 di Spanyol. Dilihat secara kasat mata hampir gak beda ama model sebelumnya. Padahal, buaaanyaaak sekali perubahannya. Pihak KHI sendiri menyebut kalo moge anyar ini hasil kerja sama dengan tim balap kawasaki (Kawasaki racing Team) di kejuaraan dunia superbike. Trus, Tom Sykes sebagai pembalap ikut memainkan peran dalam mengembangkan moge berkapasitas 998 cc ini. Nah, udah bisa ditebakkan arah pengembangannya. Pokoknya pengendara dimanjakan dengan kualitas dan stabilitas.

Apa saja perubahannya? Mari kita mulai dari bodi dulu, ya! Coba perhatian desain bagian depan tidak lagi meruncing, tapi tatapan matanya kian tajam. Lalu, perhatikan kaca pelindung (windshield) sudah menyatu ama fairing. Ini terinspirasi dari motor balap mereka.

Mari geser ke belakang. Tampilan lebih lancip dan lebih sporty. La, kan udah dibilang kerja sama tim balap. geser ke sasis dibangun masih sama seperti pendahulunya tipe aluminium Perimeter. Namun ada revisi dengan posisi mesin dimundurkan 7,5 mm sehingga lebih dekat ke pengendara.

Lengnan ayun (swing arm) pun tak luput ikut disentuh. Sepintas terlihat sama, padahal sudah dibikin lebih panjang 15,8 mm. Pemelaran ini tentu berimbas pada jarak sumbu roda ikut molor 12 mm. Tujuannya, agar bobot bertumpu ke depan membuat motor jadi lebih stabil.

Apalagi suspensi juga baru dari Showa yang dipakai di WSBK. Untuk depan dilengkapi Balance Free Fork (BFF) sedang belakang Balance Free Rear Cushion (BFRC). Soal rem, depan pakai Brembo M50 Monobloc dengan rotor lebih besar 330 mm. Sedang belakang rotor 220 mm dengan kaliper dua piston buatan Nissin.

Tengok knalpot, desainnya lebih kecil dan ramping dengan material dari titanium dengan tiga tingkat catalitic converter. Pengaruhnya, jelas pada bobot, sentralisasi, dan sudah memenuhi standar Euro 4.

Emang, diubahnya knalpot hanya untuk gaya saja. Tidak, bro. Perubahan ini untuk mengimbangi tenaga dari mesin 998 cc, 4 silinder, 4 Tak, 4 katup DOHC (Double Over heag Camshaft) berpendingin cairan (Liquid Cooled) yang sudah di up-grade. Di antaranya kepala silinder dan crank baru yang diklaim lebih ringan 20%, piston lebih pendek (lebih ringan) dan tahan panas. Trus, inlet dan exhaust port direvisi. Tujuannya, untuk mendapatkan  respon lebih baik, revving lebih cepat, dan akselerasi mulai tengah sampai atas jadi galak.

Hasilnya, Kawasaki mengklaim tenaga maksimal mencapai 210 PS dengan efek air-ram dan torsi 112,5 Nm. Putaran mesin bisa mencapai kisaran 13.000 rpm. Tingginya putaran mesin adanya pembenahan pada crankshaft lebih ringan dengan New Balance plus teknologi sistem pelumasan dry-film, sehingga memungkin putaran mesin tinggi.

Tak cuma itu. Tenaga yang galak dilengkapi segudang elektronik baru. ZX-10R anyar ini menggunakan 5-axis Inertial Measurement Unit (IMU) dari Bosch yang dikembangkan di rumah. Peranti ini yang dikombinasi dengan sensor mampu memberi tahu fungsi sasis pada tingkat paling tinggi. Juga dapat merespon kondisi keausan ban, bahkan camber jalan.

Tadi udah dibilang ada segudang elektronik pada ZX-10R baru. Betul sekali. Tercanggih adalah ride-by-wire throttle, kontrol traksi (S-KTRC), Intelligent Braking System (KIBS), Corner Management Function, Launch Control (KLCM), engine braking control, dan switchable power mode.

Soal harga, ZX-10R ini ada dua. Paling mahal 15.999 dolar Amerika yang dilengkapi ABS. sedang tanpa ABS lebih murah 1.000 dolar Amerika. Monggo silakan kalikan saja. Maliq

BACA JUGA 

Kawasaki Indonesia Luncurkan Ninja ZX-10R Berteknologi Juara WSBK 

Kawasaki W800 Perpisahan Produksi Bermuatan Teknologi Berstandar Terkini 

Kawasaki Segera Luncurkan Sportbike Di PRJ 2016, Penantang Vixion Dan CB150R 

Kawasaki Beri Sinyal Hidupkan Aliran Retro Klasik Sampai Ke Indonesia

BAGIKAN