nhk

Produk Baru: Model Klasik dari Taiwan, Teknologinya Terkini

ManiakMotor – Ketika menyebut motor Cina atau Taiwan, mata konsumen Indonesia seperti ‘tersihir’ ogah ngeliat. Maklum, puluhan tahun disodor oleh 4 merek asal Jepang yang unggul dari segala-galanya. Oke, mungkin dari segi desain dan teknologi, tapi untuk tampil dengan model retro klasik seperti ditunjukkan SYM SB300  boleh diadu.

DNA  motor ini asal Taiwan dan terlahir pada 2014 sebagai kado dari ultah ke-60 perusahaan SanYang Motors. Ada dua model, selain SB300 ada satu lagi SB300 CR. Huruf di belakang itu bukan Christiano Ronaldo, pemain andalan kesebelasan nasional Portugal yang baru sajaa menjuarai piala Eropa 2016. Tapi, CR kependekan dari Cafe Racer . Sehingga, ketika dibawa ke Eropa pun bisa dibanggakan dan diterima pasar karena model tersebut lagi tren di benua biru.

Kita kembali ke model SB300. Tampilannya, mengingatkan kita pada Honda CB380 pada era 1970-an. Termasuk desain knalpotnya. Namanya juga retro klasik. Di bawah tangki bensin teronggok mesin silinder tunggal 278 cc, SOHC 4-Valve, fuel-injection berpendingin cairan.  Tenaga yang dihamburkan 27hp dengan torsi 24,5 Nm dan diklaim mencapai kecepatan tertinggi 145 kpj.

Meski klasik, tapi komponennya lebih modern. Seperti tampak pada pelek model cast wheel, speedometer digital, rem depan dan belakang sudah cakram, plus radiator pendingin mesin.

Lantas kapan dipasarkan di Indonesia? SYM Indonesia saat ditemui portal ini belum bisa memastikan. Pun soal harga, di negeri asalnya dibanderol Rp80 jutaan lebih murah dibandingkan pesaingnya dari Jepang Kawasaki Z300 yang Rp82 juta. Mengingat pajak yang tinggi, kemungkina SYM Indonesia akan memakai mesin yang 250 cc. Mari kita tunggu, seperti apa sambutan  pasar. Yang penasaran bisa ke Jakarta Fair Keemayoran 2016 di JIExpo yang akan berakhir 17 Juli mendatang. MM

 

BACA JUGA 

Produk Baru: Skutik Bongsor dari Taiwan Berteknologi Eropa 

Yamaha Cuxi 115 2014, Baru Rilis di Taiwan, Mantap Dah 

Komponen Yamaha R25 Mulai Diracik Di Cina, Hadangan Harga Ninja 250 Satu Silinder 

Produk Baru : Yamaha Ajak Konsumen Tentukan Warna Baru Mio Z. Ada Hadiahnya, Lo! 

Produk Baru: Asyik…! Bentar Lagi Transmisi Motor TVS Sudah Semi-Otomatis

 

 

BAGIKAN