nhk

Proliner UMA RCB Drag Bike: Bebek 4T TU 200 SOHC, Jupiter MX Bo2 Cetak 7.270 Detik

Jupiter MX 200 Drag Bike

ManiakMotor – Kelas Bebek 4T TU 200 cc SOHC alias non DOHC memang spesial sekali. Kelas ini ditunjang langsung oleh sponsor di Proliner UMA RCB Drag Bike di Deltamas, Cikarang, Jabar. Pada event kemarin Minggu 18 Desember 2016 kelas ini malah memberi kejutan.

Time-nya mengalahkan Bebek TU 4T 200 cc Open yang didominasi FU. Soal catatan waktu silakan lihat hasil di sini; Hasil Drag Bike Proliner Deltamas, Cikarang, Jabar 17 – 18 Desember 2016. Di SOHC  mencetak 7.270 detik lewat Iman Ceper. “Catatan yang sebenarnya sudah rata-ratanya DOHC. Motornya memang sanggup,” sebut Ceper sembari kecikikan lantaran dapat hadiah banyak.

MX 200 dapat 7.2 detik
MX 200 dapat 7.2 detik

Betapa tidak, number one di kelas tersebut dapat uang tunai Rp 2.5 juta, itu sama dengan hadiah kelas point. Itu masih ditambah barang mewah yang bisa dipakai pada MX, Vixion atau R15. Juara di sini dapat super block dan silinder dari UMA Racing. Itu silinder dan kepalanya yang jadi idaman saat ini untuk mendongrak kinerja mesin.

“Kelas ini selanjutnya akan diperlihara dan selalu dihadirkan setiap ada event Proliner Drag Bike. Mudah-mudahan juara di kelas ini akan dikirim ke Malaysia, bila ada seri Proliner pada 2017 nanti,”  sebut Marcel Ganie dari PT Enwan Multi Partindo, perusahaan yang mengedarkan Proliner (knalpot), UMA Racing (part Racing, Racing Boy (aksesori motor) dan R9 (knalpot). Produk-produk inilah yang jadi sponsor utama drag bike di Deltamas kemarin.

Ceper menggunakan Jupiter MX milik team Air Minum Boz Ft HRC. Motornya dikorek oleh  Krisna. “Motor ini mempunyai keunggulan sudah pada oper gigi yang dimodif matik dari gigi 2 sampai gigi akhir. Mesinnya sendiri kuat dari bawah yang jadi ciri mesin Yamaha. Saya sendiri sudah menggunakan knalpot Proliner,” kata Krisna sembari berdoa kelas SOHC 200 cc ini bisa berkembang ke depan.

Alasannya, bila ada kelas khusus SOHC pertarungan lebih adil. Jangka panjang juga menguntungkan yang SOHC, sebab riset akan berjalan. “Bila digabung dengan DOHC, sepertinya riset mandek, karena kalah spek duluan. Joki juga kurang percaya diri melawan mesin DOHC. Kalau kelas tersendiri dan lama-lama makin banyak peserta, jelas risetnya  juga maju. Nah kalau sudah ketemu, baru dilepas bersama DOHC,” pungkas Krisna sembari senyum manis usai terima hadiah superblock dan super head UMA Racing yang harganya nyaris Rp 10 juta tersebut.

Selamat menikmati. Panjul

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Proliner Deltamas, Cikarang, Jabar 17 – 18 Desember 2016

DATA MOTOR

KarbuL PJ 34 mm
Spuyer: 50/152
Kompresi :14.4
CDI: Rextor Pro Drag
Limmter: 13.000
Final gear: 36-15
Knalpot: Proliner
Mekanik: Krisna