nhk

Proses Sirkuit Wales Gelar MotoGP 2017, Nggak Banyak Omong Dan Wacana



ManiakMotor – Sirkuit dengan dana £300 juta atau sekitar Rp 4.5 triliun telah siap untuk gelaran MotoGP, kapan saja. Nggak banyak omong dan wacana campur ribet seperti di negara yang kita cintai ini. Namanya Circuit of Wales. Dana tadi hasil uluran bersama pengusaha swasta dari tambah dana pemerintah senilai 30 juta Euro di sana.

Pemerintahnya yakin dengan penggunaan sirkuit ini mampu membangkitkan perekonoman negaranya yang hancur sejak 2002. Sirkuit di Wales Selatan ini menelan dana property dan material senilai 200 juta Euro atau dirupiahkan 3 T.

Disiapkan sejak 2013. Tidak lama setelah pengajuan disetujui oleh boss MotoGP. Pihak sirkuit Wales juga tidak ngotot harus diselenggarakan MotoGP 2017 karena sadar siapnya baru 2018. Namun diberikatan sirkuit tersebut sudah rampung dan menjadi cadangan dari Silverstone di Inggris untuk MotoGP 2017. Ya mungkin karena nggak ada penumpang yang membonceng yang macam-macam tujuannya dalam pembangunan sirkuit tersebut.

Perusahaan Aviva mengumumkan bahwa Februari 2016 ini akan kembali mengucurkan dana 300 juta Euro. Pihak HOTDC (kepala lembaga  perusahaan pengembangan) daerah setempat, bergerak membangun infrastruktur lalulintas menuju sirkuit. Berarti total untuk membuat sirkuit layak pakai banyak juga ya. Nah kalau Sentul hanya meminta sekitar Rp 200 miliar sebenarnya sudah masuk hitungan, karena hanya renovasi yang dibutuhkan. Sedang pemerintah dibutuhkan tangannya untuk memperbaiki infrastruktur lalulintas untuk akses masuk-keluarnya ke Sentul yang saat ini minim.

Kurang lebih suasana daerah Circuit of Wales mirip dengan Sentul, dataran tinggi, padat penduduk, jalan sempit. Singkatnya butuh 12 kali proses sebelum datangnya kucuran dana besar dari investor asuransi menalangi dana kesepakan bersama pengusaha Wales. Lha di Indonesia itu perusahaan otomotif penyumbang ekonomi ketiga di Indonesia – itu kalau tidak salah –  lha kok nggak bisa ditekan oleh pemerintah untuk patungan bikin sirkuit? MM

BACA JUGA

Hanya Satu Pesan Pada Fans Rio Haryanto, Pemuda Indonesia Tembus Ke F1

MotoGP 2016 Pasca Tes Australia: Rossi Memilih M1 Gado-Gado Dipakai Lomba Musim Ini

MotoGP 2016 Tes Australia Hari Ke-3: Marquez Bersama Motornya Mulai Membaik, Tapi Belum Puas

MotoGP 2016 Tes Australia: Hari Ke-3 Ditutup Marquez Tercepat, Rossi Ke-5

MotoGP 2016 Tes Australia Hari Ke-3: Sore, Marquez Lewati Vinales, Rossi Ke-3

MotoGP 2016 Tes Australia Hari Ke-3: 3 Jam Berlalu, Masih Vinales, Rossi Mendekat, Hujan

BAGIKAN