nhk

Prototype Ban FDR Buat Tim Sadewa UI Berlomba Di London, 1 Liter Besin 275 Km Pakai Ban FDR

 

 

ManiakMotor – Satu (1) liter BBM bisa menempuh ratusan kilo meter, nggak melulu soal mesin. Justru efisiensi grip ban pada aspal ikut menentukan hematnya bahan bakar. Tenaga yang dikirim mesin ke roda disalurkan dengan tepat lewat traksi komponnya. Dengan begitu, mesin berputar sesuai kebutuhan. Hasilnya ya irit. Sebenarnya sih bukan hanya bensin yang irit, juga komponen.

Dan itu dimiliki oleh ban FDR produksi  PT. Suryaraya Rubberindo Industries (PT SRI). Sudah dikaji ilmiah bersama prakteknya atas kerjasama dan dukungan FDR dengan tim Sadewa dari Universitas Indonesia (UI). Sadewa telah membuktikannya pada Asia Shell Eco Championship (ASEC). Di ASEC ini Sadewa menggunakan ban prototype FDR dan berhasil juara dengan jarak tepuh 275 km dengan hanya 1 liter bensin.

Kembali FDR dengan Sadewa pada Sabtu, 28 Mei 2016 di event Tumplekblek, Senayan, Jakarta, memperkenalkan ban prototype yang diriset khusus. Ban ini akan dipakai Sadewa ikut lomba internasional Driver Word Champoinship (DWC) di London, Inggris. “Ajang DWC lanjutan dari ASEC, namun berbeda formatnya. Di ASEC  hanya soal irit, kemenangan di WDC ikut ditentukan dengan balap. Tantangan baru buat kami bersama FDR,” ujar Alfian, manajer tim Sadewa sembari berbisik percaya diri karena di balap nasional FDR jagonya.

DWC memang ajang internasional yang memadukan irit-iritan bahan bakar dengan kecepatan. Makanya FDR dan Sadewa telah mengembangkan kompon yang punya daya tahan, tanpa menguras tangki bahan bakar, maksudnya tetap irit. Itu tadi, putaran mesin dan traksi harus satu suara. Sama-sama efisien.

Ban prototype ini memiliki kelebihan pada kontruksi, kompon dan bobot. Pokoknya dirancang agar memiliki gelindingam yang jauh, sehingga mesin kendaraan bisa berkerja ringan. Namun juga tetap memiliki performa yang baik. “Ban ini hasil dari perpaduan riset adik-adik tim Sadewa dengan FDR. Riset ini juga membantu kami mengembangkan teknologi ban, terutama untuk harian. Contohnya seperti teknologi ECO Smart Tire (EST),” Tutur Riza, Sales & Marketing Div. Head PT SRI pada acara tersebut.

Menunurut Alfian penghematan bahan bakar bisa langsung terdata saat melakukan pengetesan. Awalnya menggunakan ban reguler FDR lalu diganti dengan prototype. Hasilnya jarak yang ditempuh dengan jumlah bahan bakar yang sama keiritannya meningkat hingga 100 km. Kemudian FDR melakukan pengembangan lagi. Hasilnya pada ban prototype terbaru ini, bisa menempuh jarak 200 km lebih jauh dari ban reguler. Ingat ya, jumlah  bahan bakar sama.

Sadewa akan berangkat ke ajang DWC London pada awal Juli 2016 nanti. FDR akan selalu ada mendukung anak bangsa tersebut mengharumkan nama Indonesia. Prat

BACA JUGA

IRS Sentul 2016: ‘Sepak Terjang’ Ban FDR Di Balap Nasional: Ban Andalan Segala Motor

FDR-NHK MotoPrix 2016 Malang (Seri 1): Peran Ban FDR dan Helm NHK

 

FDR-NHK MotoPrix 2016 Yamaha Makmur (Poso), Andalkan MX King HDS, Menghalau Serbuan Sonic 150R!

BAGIKAN