Quartararo Kecewa! M1 2024 Tak Menunjukkan Peningkatan Performa Mesin Seperti yang Diharapkan

Maniakmotor.com – Tim pabrikan Yamaha baru saja menyelesaikan uji coba motor prototipe YZR M1 versi 2024 di Sirkuit Misano, namun kabar kurang menggembirakan datang dari pembalap andalannya, Fabio Quartararo. Menurut Quartararo, performa mesin M1 versi 2024 tidak menunjukkan peningkatan yang diharapkan.

Dilansir dari Maniakmotor.com, setelah MotoGP San Marino 2023, para pembalap Yamaha termasuk Quartararo tetap berada di Sirkuit Misano untuk menguji motor terbaru mereka. Quartararo sendiri menyelesaikan 91 lap pada sesi pengetesan Senin (11/09), menguji ban Michelin, mesin baru, dan pengembangan aerodinamis pada M1.

“Feeling-nya memang berbeda, tapi saya mengharapkan kekuatan yang lebih besar (dari motor versi 2024). Agak sulit untuk mengatakan sesuatu yang positif tentang mesin motor ini,” ujar Quartararo.

Tidak hanya Yamaha, pembalap Honda, Marc Marquez, juga mengungkapkan kekecewaannya terhadap Honda RC213V versi 2024. Marquez bahkan menyatakan bahwa performanya tidak jauh berbeda dengan versi 2023. Masalah ini secara terang-terangan disampaikan Marquez kepada engineer Honda Racing Corporation (HRC).

Dengan harapan tinggi untuk penyempurnaan motor balap utama mereka, baik Yamaha maupun Honda harus menghadapi kenyataan bahwa uji coba M1 dan RC213V versi 2024 belum memberikan loncatan signifikan dalam performa mesin, membuat fans MotoGP menantikan perkembangan selanjutnya di Valencia.