nhk

R-Cup Series 2015 Sentul: Race R25 Class Dimenangi Ratukore, Pakai Mesin 280 cc

 

ManiakMotor – Otak-atik Yamaha R25 milik DS Moto pada Sabtu 28 Maret sampai sore ada hasilnya. Tuh jokinya yang bernama Rey Ratukore kampiun di R25 Class Profesional pada Ahad 29 Maret 2015. Dan memang, R25 Rey kelihatannya memang istimewa. Suspensi saja pakai Ohlins depan dan belakang. Dia satu-satunya yang pakai suspensi depan up-side down  dari 36 peserta R25 profesional.  

Pembalapnya juga istimewa. Pengalaman bertanding Rey dibandingkan dengan Doni Ramdani dan Hendra Bule yang jadi lawan beratnya, ya beda.

Bukannya mengecilkan joki yang lain, tapi jam terbang si Rey memang telah teruji lewat IndoPrix, IRS supersports 600, ARRC sampai dia dibawa Yamaha Indonesia berguru ke Jepang. Itu terlihat dari duel ketiganya di lintasan.

Rey yang start dari grid 4 tetap tenang mendekati si Bule dan Doni yang menguasai QTT kemarin. “Mesin memang berubah setalah dapat setingan mapping piggy back power commader 5. Motor leluasa tenaganya keluar dari tikungan ketimbang saat QTT. Soal kenyamanan, wah jangan tanya deh, suspensinya Ohlins, mas. Kan DS Moto yang saya bela di R25 adalah pemilik Ohlins Indonesia,” jawab Rey sembari kecicikikan.  

Kebetulan juara 1 – 3 di R25 Class ini sudah memakai mesin 280 cc.  Eh yang ke-4 juga deh. Soal mesin sampai 280 cc, ini kelonggaran dari Yamaha Motor Sports Indonesia, loh.

“Kami menghargai bisnis di suku cadang mesin yang optional sampai 280 cc yang banyak beredar di speed shop Indonesia untuk R25. Makanya dilonggarkan sampai 280 cc agar bisnis mereka lancar. Balap bisa ramai, jika ada bisnis di situ,” jelas Supriyanto, manager motorsport Yamaha Indonesia.

Kembali ke mesin yang digunakan Rey. Sejak kemarin itu mesin ditancapkan USB yang dikoneck pada piggy back dan laptop untuk dianalisa AFR, tempratur dan sebagainya. Tutornya Brahmantio P yang nyata-nyata lawan dari DS Moto, hehe. Kan si Pak Bram ini dari Yamaha Sportisi Racing yang dibela Doni. Bila mesin ditopang suspensi ya jadilah motor cepat. Ardel, Prat

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race R-Cup Series Sentul, Bogor, Jabar 28 – 29 Maret 2015

R-Cup Series 2015 Sentul: Ivan Pegang Race R15 Class, Unggul Pengalaman!

Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015; Perang Laptop Untuk Data ECU Dan Piggy Back!

R-Cup Series Sentul 2015: Kualifikasi R15 Rey Ratukore Sangat Kencang

R-Cup Series Sentul 2015: Kualifikasi R25 Yang Rapat 

BAGIKAN