nhk

Race 2 Kejurnas Sport 150 Seri 2 IRS Sentul: Masih Yamaha R15 Yang Jagoan

ManiakMotor – Juaranya Syahrul Amin dan kedua Richard Taroreh. Duet maut  pembalap Yamaha Yamalube FDR SSS NHK 549 Kaboci ini, mengatur irama bermain di race-2 Kejurnas Sport 150 cc pada Minggu 1 Juli 2018. Keduanya hanya gantian posisi dari hasil race-1 pada Sabtu kemarin.

Momen finish. Hanya gantian dari race-1

Di belakang dua pembalap tersebut sampai posisi ke-9 para penunggang Yamaha YZF-R15. Motor jualan Yamaha itu, sudah dikorek sesuai regulasi kejurnas Sport 150 cc, “Dibanding race-1, saya minta motor dikeringin sikit. Agar akselerasinya lebih naik,” papar Syahrul.

Soal kering dan basah ini di era ECU yang menggunakan aRacer bukan pakai obeng lagi. Tapi sudah ada peta grafiknya dari besaran AFR (air fuel ratio). Sampeyan sudah tahulah, perbandingan udara dan bensin. Makin kering angka ketetapan AFR – normal 12 – ya semakin melewati angka tersebut, sebaliknya begitu. Sebenarnya kalau di karbu menyel spuyer dan sekrup udara. Berhubung sudah injeksi, ya pakai laptop.

Menurut Achos Lalang yang menangani teknik Yamaha Kaboci, ada perbedaan pada dua pembalapnya pada soal itu. Dua-duanya berubah, lantaran start race 2 lebih pagi, “Itu sesuai karakter pembalap. Kan ketahuan dari grafik ECU-nya. Tinggal disesuaikan saja,” kata Achos yang lagi senyum terus karena di Sport 150 dan 250, korekannya melejit.

Podium garpu tala race-1

Bea lagi dengan Wahyu Aji Trilaksana. Katanya dia lebih fokus membangkitkan kepercayaan dirinya. Karena di ronde-1 dan race-1 kemarin dia nggak finish, “Agar bisa kembali pulih mentalnya, harus podium di posisi mana pun,” papar Wahyu yang di ARRC membela Yamaha Racing Indonesia di UB150.

Iksan Lala yang ketiga race 1, mengaku rada berbeda nuasanya sehingga ritmenya nggak dapat. Pembalap Yamaha Cargloss ini, di race-2 hanya puas ke-6. Dia kesulitan masuk ke rombongan terdepan saat di ‘S’ besar Sentul di lap akhir. Sudah lepas dari tebengan angin. Rider

BACA JUGA

Hasil Seri 2 IRS Sentul 30 Juni – 1 Juli 2018

 

BAGIKAN