nhk

Race CEV Moto3 Estoril 2018: Gerry Salim Tanpa Point, Kenapa Gilang Ditarik?

ManiakMotor – Ini hanya cerita biasa di warung Jambu dekat Sentul Besar. Kata orang yang tahu balap sebelum Astra Honda Racing Team (AHRT) dibentuk, seharusnya Andi Gilang nggak perlu ditarik dari Moto3 FIM CEV. “Kasih dong kesempatan untuk mengembangkan dirinya. Tahun lalu kan baru tahun pertamanya di CEV Moto3,” sebutnya.

Bahwa Andi jatuh bangun tahun lalu adalah bagian dari proses. Jatuh bangunnya demi usahanya atas kepercayaan AHRT. Turun-naik kinerjanya, ya biasa, ‘pemula’ di event besar kok.

Tapi 2018 ini, Gilang lebih dipercayakan memperkuat AHRT di SS600 ARRC. “Harusnya ditambah pembalapnya, bukan ditukar,” tambah si yang punya cerita benar-bener bicara di Warung Jambu sambil memberikan argumen. “Kalau Gilang bertahan kan, jam terbang bertambah, makin tahu motor dan sirkuit. Memang sih, AHRT punya hitung-hitungan sendiri.”

Tahun ini Gilang digantikan Gerry Salim di Moto3 FIM CEV Spanyol. Ronde pertama event ini berlangsung Minggu 25 Maret 2018 di sirkuit Estoril, Portugal. Gerry dari kombinasi kualifikasi berada di posisi 27. Barusan race nggak masuk 15 besar alias tanpa point. Karena memang nggak tampil dan dianggap not classified.

Coba bandingkan dengan Gilang debutnya di sirkuit Albacete, ta tahun lalu. Sosoknya masih sering kelihatan di siaran langsung, lantaran berada di barisan depan. Kan yang biasanya kena sorot kamera mereka yang di depan, bro. Sebab kualifikasi Gilang ke-11. Saat race dia ke-5. Masih di depan.

Di ronde-ronde berikut dia turun-naik, ya proses tadi. Baru setahun kan. Sayang dia nggak berlanjut di tahun ini. Maaf ya, ini cuma cerita Warung Jambu. MM

BAGIKAN