nhk

Race MotoGP Inggris 2017: Ducati Dovizioso Juara Asyik, Vinales 2, Rossi Kalah Umur????

04 Dovi Inggris 2017b

ManiakMotor – Sebelumnya tahu dulu nih soal penalti yang dikeluarkan Race Direction pada Jumat 25 Agustus 2017. Ada dua aturan, yakni prosedur flag to flag yang pakai pemandu saat keluar dari paddock. Yang kedua  memetong jalur. Bisa saja, joki pura-pura keliru. Teknik begitu akan diperlambat 2 detik dari waktu paling pelan saat balapan. Kecuali menghindari  kecelakaan di depan, senggolan dan berbagai insiden lain. Pokoknya ada pengawasnya untuk itu.

Kebetulan sirkuit Silverstone ini, banyak tikungan yang bisa dipotong tanpa harus melewati gravel. Ayo jadi saksi lomba ronde 12 di sirkuit  di negara kerajaan pada Ahad 27 Agustus 2017, siapa yang sengaja menggunting di luar tikungan. Taaaaapi bro, semoga si Jonas Folger (Yamaha Tech 3) baik-baik saja. Dia kecelakaan hebat saat sesi warm up tadi bagi dengan motornya yang terlempar-lemar ke atas dan melewati pagar sirkuit. Diberitakan dia nggak bisa ikut race dan memang namanya nggak muncul di list yang akan berlomba.

Rossi langsung melejit dengan ban hard-hard. Bahkan baru menuju lap ketiga sudah bikin rekor baru alias Circuit Record Lap sama dengan fastest lap Silverstone sebelumnya yang 2 menit 1.941 detik yang dipegang Dani Pedrosa. Tapi kembali dipertajam oleh M1 Maverick Vinales dengan 2 menit 1.6 sekian-sekian detik.

Eh ngomong-ngomong dengan ban hard Rossi, di atas kertas The Doctor nggak akan kehabisan ban bermain di Silverstone. Selain bannya lebih tahan degradasi, cara bawa Rossi juga terlihat halus. Dia mainkan irama motornya agar kecepatan konsisten saban lap, jarak tetap sama. Itu kalau Yamaha M1 benar-benar sudah sembuh dari ‘penyam’ ban belakang dari hasil tes Misano minggu sebelumnya.

Seperti cerita soal Ducati sebelumnya, jangan pandang enteng terutama Andrea Dovizioso, seperti tulisan ini. Ducati tahun ini bersama Dovi memang luar biasa. Semua tikungan bisa dilibasnya sama dengan motor Jepang. Ahhhh…. RC213V Marquez bocor ring sehernya, pecah mesinnya, bocor olinya. Engine blow..! Itu bersama hangusnya poin Marquez di ronde 12 ini. Klasemen pun kembali merapat.

Lanjut, pertarungan pada sesama Italia. Rossi vs Dovi yang dibayangi Vinales yang sebenarnya menggunakan ban lebih lembek. Pada akhirnya, juaranya Dovi yang kembali memimpin klasemen.”Sebenarnya saya tidak tambah kencang. Saya hanya menempatkan motor pada racing line yang paling ideal,” sebut Dovi sebelum ke podium.

Begitulah M1 eh Rossi, ah kayaknya dua-duanya!!! Bisa jadi M1 belum terlalu sembuh dari ‘pemakan’ ban. Atau Rossi sendiri sudah mulai sulit melawan umurnya sendiri??????? Nanti itu yang jawab Rossi sendiri!!! “Kan tergetnya memang hanya podium. Lagian lima lap terakhir saya sudah sulit mempertahankan kecepatan. Ban juga sudah habis,” kata Rossi usai balapan sebelum ke podium tiga.

Jawabannya memang diplomatis. Kalau sudah nggak bisa bertahan (capek), berarti umur? Tapi ada jawaban susulan soal ban, artinya M1 harus diperbaiki lagi. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

OCTO BRITISH GRAND PRIX

Silverstone Circuit

MotoGP Race
FINISHED
POS # RIDER GAP
1
4
A. DOVIZIOSO
40:45.496
2
25
M. VIÑALES
+0.114
3
46
V. ROSSI
+0.749
4
35
C. CRUTCHLOW
+1.679
5
99
J. LORENZO
+3.508
6
5
J. ZARCO
+7.001
7
26
D. PEDROSA
+10.944
8
45
S. REDDING
+13.627
9
42
A. RINS
+15.661
10
19
A. BAUTISTA
+25.279
BAGIKAN