nhk

Race MotoGP Mugello 2017: Dovizioso Juara, Vinales Kedua, Rossi Ogah Bermanuver

ManiakMotor – Sudah buka puasa dan jangan lupa tarawih. Jumpa di sirkuit Mugello, Italia. Sirkuit yang alami dan klasik karena sejak dibikin tak pernah berubah. Alaminya dengan turun-naik yang menuntut skill pembalap dan mekanik memeta mesin. Sirkuit yang jadi tempat ronde 6 MotoGP 2017 yang raceday berlangsung Ahad 4 Juni 2017 yang tulisannya sampeyan baca ini.

Rangkaian tikungan-tikungan Mugello memang enak dilihat saat motor meluncur di situ. Tikungannya mengalir. Sambung menyambung dengan kontur tanjakan dan turunan tadi, berbukit-bukit. Beberapa tikungan, memaksa pembalap melakukan pengereman sembari motor sudah mulai miring seperti T1. Ada juga pengereman dilakukan sembari motor tegak yang kalau kebanyakam pengereman depan, roda belakang akan terangkat-angkat.

Dan yang melakukan holeshot adalah Valentino Rossi. Itu loh, dari start langsung terdepan di tikungan pertama. Sudah disebut dalam pengantar tulisan sebelumnya, pembalap papan atas ingin semuanya podium dan kalau perlu juara. Artinya itu jaminan tontonan yang menarik. Termasuk Jorge Lorenzo yang top speed Ducatinya beda 7 mil/jam dengan M1 Rossi. Lorenzo lebih membela trek lurus sesuai kelebihan Ducati dan di tikungan cukup mengimbangi. Ternyata hanya awal-awal saja Lorenzo beraksi dan digantikan Andrea Dovizioso yang top speednya tak kalah sangar dan membawanya terus berada di depan.

Kelihatannya pilihan M1 Rossi dan Maverick Vinales, untuk ukuran M1 tetap membela trek lurus tapi tanpa membuang keunggulan akselerasi tikungan. Perhatikan saja di trek lurus itu, Ducati awal-awal kesulitan melewati M1 walau keluar tikungan terakhir sudah persis di buntut M1. Kedua M1 pabrik  pun menggunakan hard-hard  yang siap bertarung sampai habis.

Apakah habis-habisan sampai finish. Ah… agak kelamaan posisi tetap antara Vinales, Dovi, Rossi dan Petrucci, sampai ngatuk baru ada aksi Dovi pada 10 laps to go melewati Vinales. Dan 8 laps to go aksi Petrucci. Petrucci memanfaatkan dua kesalahan Vinales yang sering overshot alias kelebihan kecepatan saat masuk tikungan. Untung Vinales kembali bisa ambil si Petrux. Rossi sendiri terlihat tak mau bermanuver seperti kebiasaannya. Mungkin mulai terasa sakit dari kecelakaan motocross menempuh 23 lap Mugello.

Dan Dovi yang memilih ban medium-medium mampu mengelolanya sampai finish dibanding yang pakai hard. Itu tadi diuntungkan top speed trek lurus dan bisa menjaga irama tikungan-tikungan  Mugello tanpa melakukan kesalahan. Italia pun menguasai Mugello dari Moto3, Moto2 sampai MotoGP. Dovizioso yang hanya unggul dalam sesi FP1 menutupinya dengan juara di sesi raceday. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Mugello Italia 2, 3, 4 Juni 2017 Moto3 Dan Moto2

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

GRAN PREMIO D’ITALIA OAKLEY

Autodromo del Mugello

MotoGP Race
FINISHED
POS # RIDER GAP
1
4
A. DOVIZIOSO
41:32.126
2
25
M. VIÑALES
+1.281
3
9
D. PETRUCCI
+2.334
4
46
V. ROSSI
+3.685
5
19
A. BAUTISTA
+5.802
6
93
M. MARQUEZ
+5.885
7
5
J. ZARCO
+13.205
8
99
J. LORENZO
+14.393
9
51
M. PIRRO
+14.880
10
29
A. IANNONE
+15.502
BAGIKAN