nhk

Race MotoGP Qatar 2017: Vinales Juara Nikung, Dovi Kedua, Rossi Ke-3

motogp, qatar, duel qatar

ManiakMotor – Akhirnya dilepas juga usai diskusi race direction dan manajer tim masing-masing di MotoGP. Di saat sama hujan juga berhenti. Ronde pertama MotoGP Qatar pada Minggu 26 Maret 2017, pun memesona. Hanya saja ada pemotongan dua lap dari total 22 lap jadi 20 lap. Karena 2 lap dianggap telah terpotong warm up lap yang berulang-ulang.

Referensi pada balapan ini adalah tes pramusim dan kombinasi tiga free practice (FP). Namun, sakses di tes dan FP seperti Maverick Vinales apakah lurus dengan hasil race? Atau race punya jalannya sendiri seperti yang kerap dilakukan Valentino Rossi?

Sekadar diketahui, tanpa adanya kualifikasi akibat cuaca buruk pada Sabtu 25 Maret di Losail, grid diambil dari kombinasi 3 FP. Sususannya, sampayen sudah pasti tahulah. Akan tetapi, semua pembalap kehilangan satu sesi latihan bebas, yakni FP4. FP4 biasanya dipakai untuk simulasi setelan motor dan ban yang akan digunakan pada lomba. Ternyata ban yang banyak digunakan adalah medium-medium.

Dan mental Johann Zarco diuji yang hanya pakai M1 kelas dua milik tim satelit Yamaha Tech 3. Ah nggak jadi diceritakan dia deh. Mentalnya nggak kuat di depan, walau sempat memimpin. Jam terbangnya di MotoGP belum ada. Tapi MotoGP di Qatar ini memang hidup. Ada lima pembalap yang meramaikan di depan. Masuknya Andrea Iannone dengan Suzuki juga daya tarik sendiri. Ehem… Iannone jatuh akibat control pengereman menikung tak tepat menghindar menyundul Marquez.

Dan ternyata jawabannya sesuai tes pramusim  Qatar di mana Yamaha M1 Vinales dan Ducati Dovizioso bersaing. Yang tidak sesuai tes dan FP adalah Rossi. Luar biasa itu Om. The Doctor bisa berkumpul untuk berebut podium. Kan sudah disebut tadi, Rossi adalah kontestan race.”Dari hasil ini saya bisa masih bisa mengikuti kecepatan MotoGP. Walau harus memilih empat set-up sebelum balap,” sebut Rossi sebelum ke podium.

Sementara Dovizioso dan Vinales adalah duel trek lurus dan tikungan. Vinales tahu sering dicuri di trek lurus, di akhir-akhir lap benar-benar dimanfaatkan kelebihannya dan  M1 di tikungan. Hasilnya, Dovi sulit mengejar ulang di trek lurus. “Apa pun ini hasil yang bagus,” sebut Dovi. “Saya menemukan motor yang tepat untuk berlomba. Terimakasih pada Yamaha,” timpal Vinales yang di awal-awal lap pura-pura nggak kencang, hehe.

Eh ada yang turut bahagia tuh, Aprilia dengan Aleix Espargaro yang ke-6. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Qatar 23 – 26 Maret 2017

 

GRAND PRIX OF QATAR

Losail International Circuit

MotoGP Race
FINISHED
POS # RIDER GAP
1
25
M. VIÑALES
38:59.999
2
4
A. DOVIZIOSO
+0.461
3
46
V. ROSSI
+1.928
4
93
M. MARQUEZ
+6.745
5
26
D. PEDROSA
+7.128
6
41
A. ESPARGARO
+7.661
7
45
S. REDDING
+9.782
8
43
J. MILLER
+14.486
9
42
A. RINS
+14.788
10
94
J. FOLGER
+15.069