Rahasia Beda Rantai Motor Balap dan Harian: Sil dan Ukuran

Maniakmotor.com – Pernah kepikiran nggak, bro, apa sih bedanya rantai motor balap sama yang buat harian? Kelihatannya sih sama aja, tapi ternyata ada rahasia yang bikin mereka beda, loh!

Zeanal dari tim promotion RK Chain Indonesia punya jawabannya. Dia jelasin kalau rantai buat motor balap biasanya pakai tipe HRU. Nah, angka 415 itu sebenernya nandain ukuran rantainya, bro. Semakin kecil angkanya, berarti rantainya juga lebih kecil dimensinya. Jadi, bobot rantainya jadi lebih ringan!

Tapi ada yang lebih keren lagi, bro. Rantai balap biasanya pakai sil model u-ring. Nah, ini yang bikin beda banget! Sil model u-ring ini 50% lebih tipis dari yang biasanya dipakai di rantai motor harian, loh. Efeknya, rantainya jadi lebih enteng tapi tetap kuat. Keren, kan?

Nah, kegunaan sil ini juga penting banget, bro. Selain buat jaga oli rantai biar nggak tumpah-tumpah, sil ini juga bikin rantai jadi lebih dingin. Jadi, meskipun dipakai buat balapan yang seru dan cepet, rantainya nggak gampang rusak, bro!

Jadi, intinya, buat balapan, pabrikan rantai bikin yang lebih ringan tapi tetap kuat. Jadi, kita bisa dapetin tenaga maksimal dari mesin yang kenceng tanpa khawatir rantai rusak.

Nah, jadi udah ngerti kan, bedanya rantai motor balap sama yang buat harian? Jadi, kalau lagi ngebut di sirkuit, kita bisa tenang aja karena rantai motor udah didesain khusus buat ngejar kemenangan!