nhk

Raja Sengon Punya Duit 16 Kontoiner Sehari, Koleksi Motornya Yamaha & Honda Generasi Awal, Ada V75, L2, Z90 Dan Sebagainya

Foto istimewa: Wahyu dan koleksinya

ManiakMotor – Perhatikan foto-foto koleksi motor Raja Sengon. Itu loh Mas Wahyu Widodo yang sedang viral dan mengaku duitnya saban hari masuk 16 konteiner. Aslinya dia sudah menjadi tajir melintir dengan bisnisnya. Katanya ratusan motor itu pernah digunakan saat berjuang untuk menjadi tajir. Ada yang bekas buat angkut ikan asin, tapi nggak ada ikan paus, apalagi hiu.

Wahyu dan koleksinya

Orang Bayuwangi, Jawa Timur itu hampir memiliki semua jenis motor era 70 sampai akhir 80-an. Di sana terlihat ada Yamaha V75, Yamaha L2, Yamaha Deluxe, sampai generasi RX-Z. Ada juga Honda C75 sampai sport Honda S90-S90Z. Juga ada Suzuki A100. Tahun jebotlah, beberapa masih menggunakan pengapian platina.

“Motor ini pernah saya pakai jualan plembungan (balon). Dari jualan ikan asin ke Tulungagung sampai Mojokerto. Makanya nggak ada yang saya jual. Motor yang lebih tua teman seperjuangan, ketika saya miskin dulu,” ucap Wahyu seperti dikutip dari Detik.Com.

Koleksi si Mas Wahyu ini di era sekarang lagi dicari untuk dikoleksi dan bangun lebih modern. Sayang koleksi Raja Sengon ini kurang terawat alias dibiarkan apa adanya yang berdebu.

V75 adalah motor pertama yang dijual Yamaha di Indonesia. Motor ini ada beberapa unit yang dikoleksi Mas Wahyu. Motor bermesin 2T yang 75 cc dan ada juga 50 cc ini, sokbreker depannya masih model lengan ayun. Ini motor Yamaha Indonesia yang muncul pertama kali 1971.

Wahyu dan RX-Z generasi awal

Juga Yamaha Deluxe yang sudah 80 cc di atas V75 yang sudah CDI. Juga lampunya sudah mulai kotak, lantaran sudah era 80-an. Begitu juga dengan model sport L2 yang kelihatan ada beberapa unit disimpan si Mas Wahyu yang mengaku jago merayu cewek pakai uang ini. Sampai generasi awal RX-Z yang sudah mendel lebih manis. RX-Z pertama kali diproduksi 1987 seperti yang dinaiki Mas Wayu warna kuning itu.

Dari Honda kelihatan di foto, koleksi Mas Wahyu nggak sebanyak Yamaha. Yang terlihat S90Z yang generasinya era pertengahan 70-an setelah S90. Dua motor ini juga legenda yang dijual Federal Motor di Indonesia. Dari koleksi Honda yang sedikit ini, bisa saja Mas Wahyu lebih senang mesin 2T. Sebab Honda di atas mesinnya 4T.

Itu terlihat dengan diparkirnya Suzuki A100. Motor tipe sport ini diproduksi era 1970-1980. Dari sini juga bisa ditelusuri awal suksesnya Raja Sengon ini awal 80-an ke atas. Di bawah itu dia bekerja mati-matian bersama motor. Dan bersyukurlah motor-motor itu yang mengantarnya jadi tajir. Bersyukurnya pada Tuhan Pak, jangan lupa beramal. Raider

BAGIKAN