nhk

Rally Dakar 2013: Pebalap Lokal Bikin Kejutan, Uggulan Tak Nafsu Ngegas

 

ManiakMotor – Rider Cile Francisco Lopez bikin senang rakyat negaranya di hari pertama Rally Dakar 2013. Memacu KTM, ia memenangi lomba berjarak 242 km itu. Pada SS (special stage) 1 berjarak 13 km, ia cetak fastest time 7 menit 51 detik. Hanya unggul sedetik atas pebalap unggulan Frans Verhoeven (Yamaha).

Unggulan lainnya, Cyril Despres (KTM) yang empat kali menjuarai reli gendeng ini hanya finish di urutan 5. Tapi, biasalah itu, para pebalap unggulan mainkan strategi untuk tak terlalu bernafsu  di awal lomba. Maklum lae, masih ada 8.000-an km jarak tempuh di depan. Etape pertama ini belum seujung kuku ekstrimnya.  

Selain Lopez, pebalap tuan rumah lainnya ikut-ikutan bikin kejutan. Ia adalah Pablo Quintanilla yang di Cile terkenal sebagai kroser jempolan berikut Patricio Cabera. Quintanilla mengusung Honda finish urutan 3, sementara Cabera menggeber Kawasaki di peringkat 4.

Kejutan lain dimunculkan pebalap unggulan lainnya, Helder Rodriguez. Pebalap nomor satu tim Honda itu terpuruk di urutan 29. Ini membuatnya rada repot karena peraturan baru menetapkan selisih waktu yang ada dikalikan lima demi meramaikan perburuan waktu karena jarak tempuh yang panjang-panjang di Rally Dakar. Faktanya, Rodriguez hanya tertinggal 59 detik dari Lopez. Tapi, karena aturan baru itu, ia tercatat deficit 4 menit 25 detik. Hm, aturannya pun ikut gila ya!

Namanya balap gila, harus diatur dengan telunjuk ditempel miring di jidat. “Tak apalah, pertarungan sebenarnya belum berlangsung. Biasa, di hari pertama tak banyak yang ngotot jadi pemenang. Saya pun rada malas betot gas secara penuh,” kata Rodriguez.

Ah, masa sih! Andro

BERITA TERKAIT:

Reli Dakar: Motor 185 Starter, Tempuh Jarak 8.423 Km, KTM Dikeroyok

Rally Dakar 2013, Tanpa Biker Jagoan

Purwakarta Enduro Challenge, Aep Dadang Bintangnya

BAGIKAN