nhk

Rally Dakar: KTM Menyerbu, Saling Gusur di Klasemen

 

ManiakMotor – Sempat dihajar anak-anak Husqvarna dan Yamaha, para pemacu KTM  membalas dengan memborong empat posisi terdepan SS6. Ini SS yang super puanjanggg, total jaraknya 767 km.

Banyak yang teler di tengah jalan. Entah orangnya maupun motornya. Pasalnya, jalur penghubungnya cuma 313 km, sementara lintasan SS-nya di mana waktu dihitung justru 464 km. Sampeyan yang biasa pakai bebek matik pasti akan kedinginan dan kepanasan di sini, hahaha.

Di rute maut inilah  rider tuan rumah Cile Chaleco Lopez kembali unjuk gigi meski giginya ketutup helm. Meski tertatih di awal lomba, Lopez  mendapat keuntungan  sekitar 100 km jelang finish dengan waktu 3:36:21. Sebelumnya yang memimpin lomba adalah Paulo Goncalves (Husqvarna).  Problem elektrik lantas menghadang, berhenti untuk perbaikan serta ganti sekring, dan kemudian finish jauh di belakang.

Ini kali ketiga Lopez memenangi SS dan sangat membantunya di klasemen akibat buruknya penampilan di dua SS sebelumnya.  Ia kini merapat ke urutan empat klasemen sementara. Pemimpin lomba secara keseluruhan masih di tangan Olivier Pain (Yamaha) meski ia finish di urutan 10 di SS6. Tapi, ia harus ekstra waspada karena Cyril Despres (KTM) menguntitnya di urutan kedua dengan selisih dua setengah menit. Rekan Pain sesama Yamaha, David Casteu, tergusur ke urutan  tiga setelah sebelumnya memimpin bersama Pain.

Despres sang juara 4 kali Rally Dakar belum pernah memenangi satu SS pun. Hanya saja ia stabil di baris depan finisher, dan memang begitu strateginya dalam reli panjang ini. Andro

Berita Terkait

Rally Dakar: Prajurit Yamaha Mulai Sodok Papan Atas

Rally Dakar 2013: Masuk Padang Pasir, Husqvarna Tekuk KTM

Rally Dakar 2013: Pebalap Lokal Bikin Kejutan, Uggulan Tak Nafsu Ngegas

Rally Dakar: Tak Perlu Juara, Despres ke Puncak Klasemen

Reli Dakar: Motor 185 Starter, Tempuh Jarak 8.423 Km, KTM Dikeroyok

BAGIKAN