nhk

Rantai Dan Gir Sinnob, Matalurgi Polyurethane

 

ManiakMotor – Penerus daya yang bagus harus bersamaan paketnya diganti. Material rantai dan girn harus sama kuat, juga senyawa.  Karena sudah begitu hukumnya. Bukannya dilarang diganti satu-satu, tetapi demi kenyamanan dengan transfer tenaga ke roda yang berlangsung halus.      

Jangankan berlainan merek, satu merek saja akan ngaruh. Contoh, jika hanya rantai yang diganti, mata gigi yang sudah terpakai akan beda desainnya dengan lubang rantai baru, itulah yang bikin kasar. “Sinnob tidak begitu pak, didesain harus habis bersamaan dengan jangka waktu lama. Karena diukung bahan logam utamanya campuran polyurethane,”  jelas Fajar Basuki yang jadi juru bicara Sinnob Manufacturing Indonesia (SMI) yang menjual rantai dan gir Sinnob.  

Basuki adalah  public relation SMI. Dia berbicara saat merayakan penghargaan dari media soal terobosan produksi Sinnob.  Acara ini berlangsung Rabu 14 November 2012 di Bale Rasa, Jl. Alternatif Cibubur – Trans Yogi, Cibubur, Jabar.  “Karena dengan pelapis logam tingkat tinggi ini, rantai dan gir saat bergesekan seperti elastis. Makanya sama kuat dan otomatis umurnya sama panjang,” tambah Basuki.

Transfer tenaga pun berlangsung mulus dengan lapisan polyurethane. Coating dan campuran logam ini biasa dipakai untuk melapisi metalurgi senjata berat itu, bersentuhan seperti ‘melayang’, boleh juga ‘licin’. Seperti senjata harus lancar setiap saat, bila macet bisa kalah perang sampeyan. Bukan hanya itu, nyawa ente juga melayang, kena tembak musuh.  Rantai  putus, duit angus. Kalau ganti melulu berarti angus berkali-kali. Boros maksudnya bro.

Sinnob mencegah itu. Mereka telah mempelajari detil komponen logamnya. Katanya sih teknologi gir, sproket dan rantai mereka setara Harley Davidson. Moge itu menggunakan rantai dan gir yang bahannya polyurethane. Teknologi itu dicontohkan pada balap bebek lewat tim Yamaha Yamalube KYT FDR TJM. Ini tim juara IndoPrix lewat Rafid Topan Sucipto dan juara ARRC yang dipersembahkan Hadi Wijaya.

Tenaga motor bebek balap itu tiga kali dari motor standar, apalagi Harley. Toh kuat-kuat saja tuh Sinnob. Yang lebih penting, habisnya bersamaan dengan waktu yang lama. Pokoknya sampai puas pakai. Onderdil motor  yang lain sudah pada rontok, Sinnob tetap utuh. “Karena kekuatan pelapisan mmbuat elastis persendian rantai, itu yang bikin awet,” tambah Fajar.

Siplah… Dipo

BERITA TERKAIT:

NHK Godzilla, Dites Di Terowongan Angin

Bazar Rhamadhan AHRS, Sekalian Tune-Up Mudik


BAGIKAN