Rasio Berubah, Yogi MBKW2 Ungkap Horse Power dan Torsi Motor Akai Jaya di Final Motoprix Sentul 2022!

    Maniakmotor – Masuk ke seri terakhir Motoprix Sentul 2022, pastinya rasio motor kudu berubah untuk mengimbangi sirikuit Sentul yang cenderung lebih berkarakter pendek-pendek dan banyak tikungan-tikungan memutar.

    Makanya kepala mekanik Akai Jaya, Yogi MBKW2 juga turut mengubah mesin yang dipakai dari segi tenaga kuda alias horse power dan langkah putar piston alias torsi motor.

    Itu wajib bro, karena pada akhirnya torsi motor dan rasio akan menentukan bagaimana karakteristik motor saat throttle gas dibetot sang pembalap.

    “Di sini, pembalap cenderung meminta tenaga yang lebih besar pada putaran mesin bawah dan menengah. Makanya saya menyetting kembali mesin yang sebelumnya sudah dipakai di Oneprix Tasikmalya dan Semarang,” tuturnya.

    “Di Semarang khususnya, motor lebih dipaksa untuk memiliki tenaga pada menengah ke atas. Hal itu yang menjadi alasan saya lebih sedikit mengkuatkan tenaga di putaran bawah dengan memainkan mesin sepenuhnya,” ujarnya.

    Lantas bagaimana dengan angka Torsi dan Horse Power tadi? Rupanya juga agak tergantung ke pembalap.

    “Nicky Hayden cenderung lebih suka motor yang ngurut mas alias pelan-pelan aja di putaran bawahnya. Dan setelah di dyno kemarin, horse powernya ada di angka 28,5HP dengan Torsi di angka 17,2Nm,” ujar Yogi.

    “Sementara untuk rasio, di sini gigi 2 sedikit lebih dipanjangkan, begitupun gigi 3. Gigi 4 tetap pakai, tapi hanya sedikit. Berbeda dengan di Semarang yang sampai gigi 5, di sini cukup sampai gigi 4 aja mas,” tuturnya.

    Tapi jangan sampai salah kira bahwa semua hanya bergantung pada mesin, namun juga sokbreker yang memiliki peran penting dalam memberikan kenyamanan.

    “Kemarin saya konsultasi sama kotix, dan sokbreker kami juga dari kotix. Itu disetting ulang sepenuhnya, ada perubahan dari kompresi hingga rebound. Syukurnya udah hampir ketemu mas settingan overall, mari kita lihat di kualifikasi,” pungkas Yogi.

    Raider

    BACA JUGA

    Mario Aji Tertekan Lihat Ai Ogura dan Chantra Gacor Abis?

    Motor Berbeda, Veda Ega Mengejar Feeling Terbaik di Final Motoprix Sentul 2022! Begini Perbedaan Honda Sonic dan GTR