nhk

RC213V Marquez Juga Diserang Panas Di MotoGP Mugello 2018, Bannya Juga Licin

ManiakMotor – Dari omongan Marc Marquez motornya juga ada penyakit kepanasan. Baru kali ini menyerang RC213V tepatnya di sirkuit Mugello, Italia saat race 3 Juni 2018. Marquez walau nggak jatuh, katanya tetap sulit mengimbangi pemain di depan. Jatuh juga akibat pilihan ban hard-hard.

Pemain dari Spanyol yang memperkuat Repsol Honda itu mempersilakan melihat kemampuannya pada sesi pagi dan siang. Pagi katanya dia bagus, tapi siangnya kesulitan, “Tahu sebelum balapan, akan sulit berjuang dengan ban depan di sore hari. Di pagi hari seperti yang Anda lihat, saya sangat cepat. Tapi jadwal balapan sudah sore,” jelas Marquez.

Maksudnya Marquez di pagi hari seperti FP3 yang berlangsung jam 10 pagi di Mugello, dia sangat cepat. Di pagi itu suhu belum terlalu meningkat. Tapi siangnya saat kualifikasi, justru catatan waktunya nggak lebih cepat dari FP3. Padahal saat kualifikasi menggunakan setelan cepat-cepatan dibanding FP3. Karena siangnya suhu menjadi panas, saat lomba saja lintasan 51ºC. Artinya, motor Marquez ampun juga pada lintasan panas.

Apes, Marquez yang memilih ban depan-belakang hard keras tak bisa tahan emosi ketika lomba. Dia melayani permainan Jorge Lorenzo yang sedang apik bersama Valentino Rossi di awal-awal lap tanpa menunggu ban bersenywa.

Ya sudah jatuh menuju lap 5. Walau jatunya model low side akibat out dan berusaha pakai siliding pad pada dengkul dan sikunya, tapi tak bisa mengembalikan motor pada posisi awal, “Walau pun saya nggak jatuh, akan sulit melawan. Panas lintasan terlalu tinggi,” jujur Marquez yang masih bisa bangkit tapi hanya ke-17.

Karena punya tabungan point, Marquez masih tetap memimpin 23 point dari Rossi yang posisi kedua di klasemen. Maka dia merasa beruntung yang juara adalah Lorenzo, bukan Andrea Dovizioso atau Rossi yang dekat dengan pointnya. MM

BAGIKAN