nhk

Reamer Karbu Ekstrem, Standar Mio 23 mm Jadi 30 mm, Buat Sera 500 Meter Selembaran

Karbu Reamer 23 jadi 30 mm-1b
Tuh sampai tipis begitu bro

ManiakMotor – Siapa bilang reamer atau memperbesar karbu standar nggak bisa lebih dari 3 mm. Di kamus para pehobi otak-atik mesin, itu jadi tantangan. Mereka tidak tergiur asal beli karbu yang telah tersedia dengan berbagai merek. “Bikin sendiri kata mereka lebih enak. Ada tantangan saat peracikan dari diameter standar karbu vakum misalnya Mio 23-24 mm dibikin 30 mm,” sebut Abdul dari 96 Motor di kawasan Sentul, Bogor, Jabar.

Lubang vakum disok dan vakumnya dikondom

Waw… itu artinya karbu vakum seperti di foto-foto ini milik Mio standar melar 6 mm. Pantas saja sudah jurus lem yang bicara, tapi tidak pernah birca lem biru alias lempar lama beli baru. Lem yang digunakan pun hanya power glue agar tidak terjadi kebocoran pada venturi. Sudah bisa dibayangkan, betapa tipisnya sisa daging pada karbu.

Lantas menggunakan sok-sokan dari plastik pada vakumnya. Kan vakum juga otomatis membesar diameternya. “Sok pada vakum ini dikenal dengan kondom, agar vakum ikut membesar,” tambah Abdul yang bengkelnya 96 sebenarnya untuk melayani pemain racing benaran di sirkuit Sentul besar dan kecil. Tapi juga agar gaul ikutan saja dengan trend.

Seperti ini sisi lain karbu

Trendnya adanya SERA. SERA itu kegiatan latihan bersama di Sentul Besar yang cukup jadi member Rp 100 ribu untuk per tiga bulan. Pihak Sentul hanya menyediakan trek lurus mereka pada Senin dan Kamis pada jam 16.00 sampai selesai. Silakan di sana untuk setting yang belakangan dipakai ‘macam-macam’ yang pakai ‘pinggiran’. Terkenal dengan setting 500 meter.

Karbu vakum pada foto ini untuk Mio kapasitas 200 cc selembaran. Aturannya pengapian standar habis. Soal karbu ya, macam di foto ini yang mendominasi digunakan. “Yang mengerjakan tukang bubut Bryantech di Pamulang. Namanya Pak Iis yang menangangi soal reamer,” sebut Arjuna yang karbu Mio Matic 200-nya dipakai sebagai ilustrasi.

Intinya cerita ini, bahwa reamer tak melulu hanya mengambil 3 mm. Fakta pada cerita ini yang bisa bablas sampai 6 mm. Eh ngomong-ngomong dagig venturi bisa 7 mm, nggak? Ah yang jelas sampai setipis di foto ini, reamernya ekstrem. Silakan ditiru – kalau mau – untuk coba-coba dan kreatif, lalu ukur ulang sampai berapa diameternya. Walau terjadi permorkosaan hak karbu di sana, maksudnya pemaksaan. Bukan perkosa, hehe. Iwn

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353