nhk

Rearstand, Jaga Umur Rantai Dan Cegah Motor Terguling

ManiakMotor – Usia pakai rantai utama lebih cepat dari batas standarnya, bukan saja dikarenakan kurangnya perawatan. Seperti jarang dilumasi atau dibiarkan kendur. Masih ada faktor lain yang tanpa disadari ikut mempercepat proses pemakaian.

Saat memakai standar samping (miring). Coba perhatikan, kondisi ketegangan rantai agak mengendur. Bila parkirnya cukup lama dan di bawah terik matahari, tentu membuat panjang rantai lama kelamaan bertambah. Ini di akibat membesarnya lubang-lubang penyambung.

Untuk mencegahnya bisa pakai penyanggah (rearstand tunggal) yang dipasangkan pada bagian tengah as roda (jika memungkinkan). Cara lain, bisa juga di lengan ayun dekat as roda (jika motor pakai lengan ayun ganda). Produk ini bikinan Tirox yang dinamakan SnapJack. Tinggi rendah bisa disetel melalui beberapa lubangh (pivot)

Cara pakai, posisi rearstand disarankan 7 sampai 10 sentimeter dari ujung roda belakang (bisa pada as roda atau lengan ayun). Kemudian, roda belakang harus terangkat sekitar 2,5 sentimeter (roda bisa diputar) sambil melihat kondisi rantai sudah mengencang. Jika sudah, untuk motor jenis sport, kunci rem depan (bisa pakai tali atau model pengunci).

Fungsi lain dari rearstand ini mencegah motor rebah ke kanan saat parkir miring. Karena, kemiringannya tidak cukup lantaran kondisi permukaan tidak rata. Mungkin sudah ada dipasaran, kalo belum boleh ditiru. Maliq

BAGIKAN