nhk

Regina Chain, Rantai Roda MotoGP, Moto2, Speksifikasi Moto3 4.15 Cocok Buat Indonesia

ManiakMotor – Disebut rantai balap motor dunia, karena sejak 1949 sudah digunakan di kelas utama yang sekarang dikenal dengan MotoGP. Rantai ini sendiri sudah ada sejak 1919 di Italia yang melayani industri. Disebut racing  dunia, karena dari road race sampai tanah alias motocross atau off-road menggunakannya. Tapi cerita yang ini yang aspal dulu. Nanti menyusul yang versi tanah.

Regina Chain atau Rantai Regina  sekarang dijual di Indonesia dengan distributor GMA Product Series. GMA telah berpengalaman bermain di suku cadang roda dua. “Saat ini sudah dicoba beberapa tim road race dan drag bike. Misalnya di road race ada Cargloss Racetech yang sudah dipasang di moge R1. Juga untuk MX-King di MP1 dan MP2,” papar Mas Giman, bos GMA dari kawasan Kebun Jeruk III, Jakarta.

Seperti ini rantainya yang ukuran 4.15

Kembali ke MotoGP, Moto2 dan Moto3. Pada tiga kelas ini, rantai Regina digunakan. Di MotoGP misalnya tercatat Pramac Ducati dan Aprilia menggunakannya. Di Moto2 dan Moto3 digunakan oleh Estrella Galacia 0.0.

Nah khusus untuk Moto3 menggunakan ukuran 4.15. Spesifikasi tersebut sama dengan yang digunakan di balap bebek Indonesia semua kelas. Juga dipakai di drag bike untuk semua kelas pada ukuran yang sama atau 4.15 tadi. Padahal tenaga Moto3 dengan mesin 250 cc yang full racing mencapai 41 dk. Dua kali lipat dari mesin bebek yang MP1 berkapasita 150 cc. Artinya bisa dipakai Ninja 250, R25 dan CBR250RR harian dan balap.

Teknologi Regina disebut geometri ultra-slim Z-Ring. Maksudnya lebih tipis dan kurus dari ukuran biasanya. Nnamun kekuatannya tiada tara bro. Buktinya digunakan di Moto3 untuk ukuran yang digunakan bebek balap di Indonesia. Karena kualitas tinggi komponen  pelat baja yang ‘ditembakkan’ bersamaan baja karbon dengan  busing solidnya.

Hasilnya lebih ringan putarannya mesin ke roda dengan dimensi yang lebih pipih tersebut. Tentu dibandingkan dengan ukuran yang sama kamu pakai saat ini. Kalau nggak percaya coba deh. MM 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353