nhk

Reli Dakar 2016 Etape 11, Pembalap Honda Kalah Fisik, KTM Akan Juara

ManiakMotor – Perlawanan Honda di Reli Dakar 2016 hanya berlangsung di awal sampai pertengahan etape. Semakin ke sini, posisi kembali pada merek yang selama ini menguasai reli panjang terserbut, yakni KTM. Sampai tahapan ke-11 pada Kamis 14 Januari klasemen diperebutkan sesama KTM.

Tadinya Honda sempat melambung. Sayang salah satu jokinya kena penalti yang bernama Joan Barreda. Penalti tersebut membuat penampilan mental Barreda terganggu. Tapi masih ada Paulo Goncalves yang sampai etape 7 memimpin dengan gagah berani melibas gurun pasir, kerikil dan sebagainya deh.

Tapi dari tahapan 7, 8, 9 dan 10 fisik Goncalves kedodoran. Karena reli ini kuncinya pada fisik pembalapnya. Bahkan pada etape 11 mengambil rute dari La Rioja menuju San Juan yang berjarak  431 km itu, Goncalves ditemukan pingsan. Pingsannya diawali kecelakaan yang membuatnya dilarikan ke rumah sakit. Ya sudah, kian sulit mengejar.

Itu tadi, pembalap KTM saling berebu 1 – 3 di klasemen. Padahal, reli ini tinggal tersisa dua etape. Dan petarung Toby Price dari Red Bull KTM yang makin kokoh di klasemen, kendati di etape 11 menyerah dari rekan setimnya Antoine Meo. Di etape ini Meo podium pertama unggul 19 detik dari Toby.

Di klasemen Toby sudah unggul telak atau 35 menit dari Stefan Svitko (KTM). Wah jauh. Svitko sendiri di etape 11 hanya ke-7. Sedang Meo yang podium pertama di etape 11 merangkak ke posisi tiga di klasemen menggeser joki Husqvarna. MM 

BACA JUGA

Reli Dakar 2016: Etape 6 – 7 Beberapa Joki Menyerah, Honda Memimpin

Reli Dakar 2016: Walau KTM Ngamuk Di Etape Lima, Honda Masih Memimpin

Reli Dakar 2016: Cewek Cantik Nggak Takut Digoda Di Tengah Gurun, Malah Menolong

BAGIKAN