nhk

Reli Dakar 2016: Etape 6 – 7 Beberapa Joki Menyerah, Honda Memimpin

ManiakMotor – Toby Price dari Austria yang menunggang KTM dari Red Bull KTM lagi dapat angin. Usai juara di etape lima, ia melanjutkan kekuatannya di etape 6. Etape enam ini sangat menguras stamina karena jaraknya 542 km di daerah Uyuni, Bolivia. Etape enam berlangsung Jumat pada 8 Januari 2015. Etape ini paling jauh ditempuh dari seluruh tahapan Reli Dakar 2016.

Di urutan kedua Matthias Walkner yang juga dari KTM, lantas disusul ketiga Paulo Goncalves (Honda). Di posisi empatr ada Stefan Svitko dari KTM. Yang kelima kejutan kecil-kecilan dari joki Yamaha, Helder Rodrigues.

Dengan demikian Price yang telah tiga kali memenangi tahapan saat ini sedang  membuntuti Goncalves di klasemen. Hanya saja di etape enam ini, beberapa pengendara mengalami masalah. Misalnya Joan Barreda yang mewakili Honda. Motornya mengalami kerusakan.

Bareda dapat pertolongan dari Paolo Ceci, rekan setimnya, memang sempat melaju namun mogok lagi. Akhirnya digandeng Ceci. Sama juga dengan Ruben Faria (Husqvarna) menarik diri dari lomba karena jatuh dan pergelangan tangannya cidera. Padahal Ruben di klasemen berada di urutan 8. Diikuti Ivan Jakes (KTM) juga menyerah dengan cidera lututnya.

Pula yang terjadi di etape 7 yang berlangsung Sabtu  9 Januari 2016 yang start dari Uyuni kembali ke Salta di Argentina sejauh 336 km.  Matthias Walkner dari KTM baru memulai etape sudah jumpalitan dan tulang pahanya pecah, ya sama juga dengan patah. Ia pun harus bilang daaa… pada rekan-rekannya yang masih ‘waras’ melanjutkan reli edan ini. Walkner sendiri sudah mundur. Itu diikuti Barreda yang di etape enam kerusakan motor, nggak ikut di tahap ke-7 yang diwarnai hujan dan badai petir tersebut.

Etape 7 pembalap dari Prancis Antoine Meo (KTM) mencetak waktu tercepat. Diikuti Paulo  Goncalves (Honda) 13 menit kemudian. Namun, Goncalves mendapat hadiah 10 menit 53 detik dari penyelenggara reli karena berhenti untuk menolong Walkmer yang cidera tadi. Sedang posisi 3  diraih Kevin Benavides (Honda), keempat Helder Rodrigues (Yamaha) dan kelima Toby Price (KTM).

Dengan begitu Goncalves  memperlebar jaraknya dari Price yang hanya kelima. Goncalves sebelumnya memimpin 35 detik, kini jadi 5 menit 20 detik. Lalu Stefan Svitko (KTM) yang di etape 6 ke empat, naik ke klasemen tiga lantaran Walkner mundur. Sebagai gambaran Svitko tertinggal 12 menit oleh  Goncalves.

Tinggal tunggu etape ke-8. Hanya saja, hari Minggu 19 Januari ini seluruh peserta instirahat dan baru gas lagi pada Senin 11 Januari. MM

BACA JUGA

Reli Dakar 2016: Walau KTM Ngamuk Di Etape Lima, Honda Masih Memimpin

Reli Dakar 2016: Cewek Cantik Nggak Takut Digoda Di Tengah Gurun, Malah Menolong

BAGIKAN