nhk

Reli Dakar 2017: Soultrait dan Yamaha Gebrak Tahapan I, Toby Melorot

Dakar, reli, Paraguay
Yamaha bikin kejutan di tahapan awal

ManiakMotor – Para pendekar Reli Dakar 2017 dari mancanegara yang total lebih 500 telah memulai pertarungan 9000 km melewati 29 negera, Senin dini hari (2/1). Diberangkatkan dari Ibukota Paraguay, Asuncion, peserta menjalankan trayek (stage) pertama menuju kota Resistencia, Argentina.

Boleh dibilang trayek pertama ini sebagai peregangan otot para peserta. Karena, total jarak ditempuh 454 km dengan trayek spesial hanya 39 km. Ya, tergolong pendek bagi peserta yang belum menguras habis tenaga mobil dan pisik.

Dakar, reli, Paraguay
Salah satu peserta terjatuh di kubangan air

Di kelompok sepeda motor, sang juara bertahan Toby Price dari Australia melorot di urutan ke-17. Trayek 1 ini dikuasai pembalap Yamaha Xavier de Soultrait. Di luar dugaan, pembmalap Perancis yang memenangkan kejuaraan dunia Reli Baja (baca: Baha) di Amerika Juan Pedros dengan mengendarai Sherco hanya terpaut 2 detik sama Xavier.

“Saya coba maksimal, sekalipun rutenya bergelombang (bumpy). Saya terkena debu dari Ivan Jakes selama 6 sampai 7 km. Memenangkan tahap ini sangat luar biasa, meski bukan target utama ingin memenangkan dakar,” komentar De Soultrait yang menunggang Yamaha.

Lain lagi komentar Michael Metge. Pembalap Honda itu mengakui tahap pertama ini cepat dan banyak bahayanya. Sehingga, sulit mengambil ritme yang baik. Bagi saya ini hasil yang benar-benar baik, sebut Metge yang menduduki urutan ketiga sementara. Maliq

BAGIKAN