nhk

Reli Dakar 2017 (Stage 2) : Toby Price, Lompatan Kanguru Tinggalkan Lawan

Dakar, Reli 2017, Argentina

ManiakMotor – Setelah melemaskan otot-otot di stage 1, peserta mulai masuk perlombaan sesungguhnya. Rute dari resistencia menuju San Miguel de Tucuman ditempuh sejauh 803 km dengan trayek spesial yang harus dilahap 275 km. Beragam tantangan dihadapi peserta, meski jalur adu cepatnya masih yang dipakai tahun lalu. Toby Price, juara tahun lalu mengambil alih pimpinan sementara.

Jalan sempit dan banyak debu dengan suhu udara antara 38 sampai 40 derajat celcius, mengingatkan pada Savannah Afrika. Bukan itu saja rintangan dihadapi peserta, perhatian tinggi juga perlu, Karena banyak hewan liar yang suka menyeberang.

Dakar, Reli, Tpby, Australia
Tpby Price mulai unjuk kehebatan

Di tahapan (stage) 2 ini, Toby mulai unjuk kekuatan bersama KTM. Sebagai pereli non-Eropa, pembalap asal Australia ini melaju dengan kecepatan tinggi. Terlebih di trayek khusus 275 km “Kanguru” melompat –lompat dengan baik sama kuda besi Austrianya. Sehingga ia meninggalkan rekan setimnnya Matthias Walkner lebih dari 3 menit dan hampir 4 menit unggul atas pesaing dari pembalap Honda Paulo Goncalves.

Padahal, Toby menaklukkan rute ganas dengan sistem navigasinya tidak bekerja sempurna. “Ini Tahapan yang benar-benar cepat dan tanpa navigasi. Dengan suhu 38 sampai 40 derajat Celcius, itu bukan saja panas di badan, tapi juga mesin. bersyukur semua berjalan tanpa kendala,” ujar Toby.

“Ini stage terbesat pertama. Pada jarak 280 km sebagai trayek khusus, selain cepat, sangat bahaya. Terutama pada 80 km pertama terlalu banyak bahaya yang tidak terdapat pada buku rute. Saya senang, dan siap untuk stage 3,” tutup Goncalves. Maliq

Hasil sementara sampai stage 2

1.Toby Price               KTM                2J:37mnt:32dtk

2.Paulo Goncalves     Honda             2J:41mnt:23dtk

3.Xavier de Soulthait Yamaha           2J:41mnt:38dtk

4.Sunderland             KTM                2J:41mnt:51dtk         

 

BAGIKAN