nhk

Reli Dakar 2017:1 jam Lagi Start, Honda – Yamaha Ambisi Jegal KTM

Reli, dakar, Bolivia

ManiakMotor – Sekitar dua jam lagi, tepatnya pukul 00.01 Waktu Amerika Selatan, 2 Januari 2017 akan distart peserta Reli Dakar ke-39. Reli terganas di jagad ini diikuti lebih 500 peserta terdiri dari motor, mobil (termasuk truk), dan ATV (motor roda empat). Sedang untuk kategori roda dua menyertakan 147 peserta terdiri dari 9 pabrikan.

Peserta akan menempuh jarak hampir 9.000 km yang terbagi dalam 12 tahapan. Setiap tahapan berjarak minimal 400 km, terdiri dari trayek khusus (adu cepat) dan trayek

Dakar, Honda, Bolivia
Honda bertekad gagalkan KTM

transisi (datang ke trayek khusus dan pergi ke tahapan berikut). Peserta mendapat istirahat satu hari penuh Minggu (8 Januari) setelah menyelesaikan tahapan ke-6.

Kondisi lintasan beragam, mulai dari jalan biasa, bebatuan, sampai menerjang hamparan bukit pasir.  Suasananya agak mirip ketika reli Dakar pertama kali digelar start dari Eropa menuju benua Afrika (finish). Setelah lebih dari 20 kali penyelenggaraan, penyelenggaraan dialihkan ke benua Amerika lantaran tidak aman buat peserta dengan adanya rampok.

Yamaha, Dakar, 2017
Peserta antre untuk scrutineering. Yamaha, selain pabrikan juga diwakili tim Himoinsa

Ternyata, di Amerika Selatan pun perampokan juga terjadi. Marc Coma, juara Dakar sepeda motor dan mobil yang kali ini menjabat Direktur Sport (semacam pimpinan lomba) menjamin keamanan peserta. Marc mengatakan, patroli darat dan udara sudah disiagakan di daerah tertentu di Amerika Selatan yang rawan rampok.

Reli, dakar, TVS
Perwakilan India, selain Hero, ada Mahindra dan TVS (gambar atas)

Tahun ini, peserta motor menghadapi tantangan berat. Pisik harus sangat prima. Bayangkan, start dari Bolivia yang mempounyai ketinggian 5.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara lebih 40 derajat celcius. Beberapa hari kemudian, masuk wilayah yang suhu udaranya minus.

Menariknya, Honda yang diwakili 11 peserta bertekad menghentikan dominasi KTM yang mengandalkan juara tahun lalu Toby Price dari Australia. Honda mengandakan Ricky Brabec (Amerika) dan Joan Barreda (Spanyol). Begitu juga Yamaha yang lebih banyak dari Honda, di antaranya menjagokan Helder Rodrigues (Portugal) dan Adrien Van Beveren. Di luar Honda dan Yamaha, Jepang juga ada Kawasaki. Trus, dari India ada Hero Speedbar dan Cina Zongshen.  Maliq

BAGIKAN