nhk

Reli Dakar: Motor 185 Starter, Tempuh Jarak 8.423 Km, KTM Dikeroyok

 


ManiakMotor – Reli paling gendeng sedunia, Dakar Rally,  memulai petualangan panjang pada Sabtu (5/1) waktu Peru, Amerika Selatan. Dari sana, perjalanan berlanjut ke Argentina dan berakhir di Cile. Tiga Negara itu adanya di Amerika Selatan brosist. Bukan lagi di Afrika sono meski titelnya masih Dakar. Dakar lho, bukan yang dokar, apalagi dolar, jauh nggak nyabung!

Dakar Rally edisi 2013 diikuti 185 starter dengan dominasi pacuan spesial macam KTM, Honda, Yamaha, dan Husqvarna. Ada juga yang pakai Kawasaki, BMW dan Suzuki. Bahkan yang mungkin rada asing di kuping sampeyan macam Husaberg, Bultaco, Sherco, Jincheng, Gas-Gas, dan bahkan merek Moto Beta yang jelas bukan motornya brother dari daerah Ambon. Hehehe, Gas-Gas mah sudah ada dijual di Indonesia.

Mereka ini akan menempuh jarak total 8.423 km sejak 5 Januari hingga finish pada 20 Januari kelak. Itu jarak buat para bikers petualang. Untuk kelas mobil, jaraknya 8.574 km. Yang bawa truk berjarak 8.121 km. Hari pertama dari Lima, ibukota Peru, menuju Fisco hanya sejauh 263. Itu baru pemanasan.

Hari-hari berikutnya makin asyik buat pesertanya dengan jarak tempuh 600 – 800 km per hari. Dibilang asyik, karena mereka rela mendaftar. Kalau tersiksa, mendingan tidur di rumah di kasur empuk. Nah, hari ketujuh, rute sepanjang 806 km sudah menanti dengan kondisi lintasan berpasir, bebatuan, dan cadas. Esok harinya 738 km sekaligus mengakhiri Etape 1.

Setelah rehat sehari, Etape 2 berlangsung 14 Januari dengan jarak tempuh seharian itu sepanjang 852 km dan sudah berada di wilayah Argentina. Ini rute terpanjang Dakar 2013.

Sayangnya, reli kali ini tanpa Marc Coma yang merupakan Valentino Rossi-nya Dakar Rally. Penunggang KTM asal Spanyol itu harus titik, eh, absen karena tulang bahunya yang patah saat Reli Maroko. Dia belum 100% sembuh. Itu membuat rekan setim sekaligus rival beratnya dalam beberapa tahun terakhir, Cyril Despres, menjadi favorit juara 2013.

Tapi, di sisi lain, kondisi itu justru membuat persaingan jadi juara lebih ramai. Despres dengan KTM-nya harus sendirian menghadang para penunggang Honda dan Yamaha yang pastinya akan memanfaatkan ketakhadiran Coma. Helder Rodrigues (Portugal/Honda) dan David Casteu (Prancis/Yamaha) adalah rival yang bakal mengeroyok Despres. Tentu tak bisa pula mengesampingkan duet Spanyol dengan Husqvarna-nya, Jordi Viladoms dan  Joan Barreda.

Iya, mestinya para pemain enduro dan trabas dari Indonesia, ikut dong. Andro

BERITA TERKAIT

Rally Dakar 2013, Tanpa Biker Jagoan

Purwakarta Enduro Challenge, Aep Dadang Bintangnya

GT Radial Trail Enduro Cileungsi, Komodo Punya..!

BAGIKAN