nhk

Repsol Makin Berkuasa Di HRC, Marquez Ke MotoGP Contohnya

 

 

ManiakMotor – Pengambil kebijakan di tubuh Honda Racing Corporation (HRC) bukan lagi mereka. Tetapi sudah dikusai Repsol. Lihat saja pengumuman resmi Dani Pedrosa dan Marc Márquez yang bakal memperkuat Honda di MotoGP untuk 2013 dan 2014. Marquez jelas saja menggantikan Casey Stoner yang lebih bernafsu jadi petani di Oztrali, ketimbang menggeber motor.

Pabrikan Spanyol, eh, pabrikan Jepang itu, memang harus manggut-manggut pada oli Spanyol, kerja sama mereka sudah puluhan tahun. Separuh dana tim dikucurkan Repsol. Tahun ini contohnya, tim ini paling banyak menggunakan dana untuk pengembangan, sekitar Rp 3,5 triliun. Kalau Repsol separuhnya, berarti sekitar Rp 1,75  triliun dana mereka ada di situ. Ya, suka-suka mereka menduetkan sesama pembalap Spanyol.

Kalau mau jujur, HRC sebenarnya mengincar Cal CRUTCHLOW yang saat ini membela Monster Yamaha Tech 3. HRC lebih pada kesiapan pembalapnya dan bisnis sportbike mereka di kawasan Inggris dan sekitarnya, sebagai asal Crutchlow. Tetapi, Repsol malah menyodorkan Marquez yang memang dianak emaskan sejak di RedBull Academy. 

Dari segi prestasi ndak masalah, Marquez memang punya talent untuk kelas para raja tersebut. Tetapi berbicara  power orang Jepang dalam HRC, mereka sepertinya manggut-masnggut. Apalagi berkhayal memasukkan pembalap Indonesia di tim MotoGP itu, kian jauh. Walau, One Heart juga menyumbang fulus yang tidak sedikit di Repsol Honda Team (RHT). Hehe, ada ya pembalap MotoGP Indonesia? 

Wakil Presiden HRC,  Shuhei Nakamoto sering mengelak, jika dicecar soal pemilihan Marquez. Kalau menjawab pun, normatif saja. Katanya, itu sesuai kesepakatan bersama soal  masa depan line-up MotoGP di RHT. “Kami telah tandatangani dengan Catalunya Caixa Repsol soal pindahnya Márquez ke HRC.  Tahun depan kami memiliki tim yang kuat,  tapi berharap pada Marc, tentu belum. Dia perlu jam terbang,” jelas Nakamoto yang mantan kepala teknik Honda di F1 itu. Miolo


BERITA TERKAIT:
Hasil Semua Sesi MotoGP Mugello, 13 – 15 Juli 2012
MotoGP Mugello, QTT Pedrosa Karena Dielus Tim
Jelang MotoGP Mugello. Stoner Tak Ingin Mengulang Sial
Jelang MotoGP Mugello, Italia. Silakan “Menari” di Sirkuitnya Ferrari
Stoner Pensiun, Rossi Ogah

  

BAGIKAN