nhk

RIDING IMPRESSION MIO SOUL GT, di Sirkuit Kecil Sentul

 

 

Sabtu pagi 7 April 2012, lintasan sirkuit kecil Sentul masih basah di beberapa bagian. Kondisi ini sedikit mengusik keinginan ‘pol-polan’ saat test ride Mio Soul GT yang digelar PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Maklum, bagaimana enggak nafsu, karena saat itu kami bebas memilih  20-an unit Mio Soul GT baru gres untuk dikebut seenaknya di sirkuit.

Setelah mengenakan helm, jaket, pelindung dengkul dan sarung tangan , saya coba mengitari sirkuit dengan kecepatan  sedang untuk penjajakan awal.  Posisi  duduk enak. Artinya, ketinggian jok dari tanah 745 mm dikombinasi kaki pada dek, terasa nyaman. Dan kain jok juga bikin bokong enggak kemana-mana.

Sambil merasakan performa rem depan belakang dalam satu dua lap, saya mulai mengerti motor yang bentuknya terinspirasi Chevrolet Bumble Bee di film Tranformer ini. Ketika feeling itu sudah dapat, gas mulai saya tekan dalam-dalam. Sayang ketika saya memerlukan pindah kaki agak ke belakang, dek tatakan kaki tidak cukup luas untuk sepatu. Alhasil, saya harus pasrah menikung dengan posisi  kaki tidak ‘ala road race’ yang agak mundur ke belakang. 

Sebenarnya, posisi kaki agak mundur penting ketika menikung karena beban motor bias ‘dipindahkan’ ke depan untuk memperoleh traksi roda depan lebih baik. Tapi sudahlah, namanya juga riding impression bukan balap dan bukan untuk adu cepat di sirkuit kecil Sentul.

Yang jelas, motor ini ‘nurut’ diajak belok. Bisa jadi karena jarak sumbu roda 1.260 mm  yang relative pendek hingga motor ini lincah. Diajak menikung rebah juga enggak masalah, meskipun motor ini menggunakan ban bawaan pabrik.

Akselerasi wajar untuk mesin 113,7 cc dengan sistem injeksi yang bertenaga 5.7 dk. Namun yang paling terasa adalah tarikan menengah di kisaran 30 – 60 km/jam rasanya menyenangkan.

Most of all, Mio Soul GT menawarkan riding impression yang baik, apalagi dengan konsumsi bensin sekitar 50 km/liter. Sebuah pencapaian luar biasa bagi motor matik yang sebelumnya sangat boros.

BERITA TERKAIT:
Yamaha New Xeon, Genit Kali!
Mio Soul GT
Injeksi Mio J Sederhana
Yamaha Nouvo SX 125 Versi 2013


 

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353