nhk

RIP Nicky Hayden 1981 – 2017, Foto-Foto Perjalanan Karir Hayden Sepanjang Kenangan

69 Hayden Kenangan-1
Podium bersama Loris Capirossi, Valentino Rossi dan Nicky Hayden

 

ManiakMotor – Almarhum Nicky Hayden ini memang unik sampai ke MotoGP. Tidak seperti sekarang, para papan atas umumnya lahir dari GP125 dan GP250 yang sebelumnya digembleng pada motor yang sama di bawahnya. Dan sekarang kelas itu berubah jadi Moto3 dan Moto2.

Karir dari dirt track AMA dan AMA superbike sebelum ke MotoGP

Hayden yang meninggal 22 Mei 2017 di rumah sakit Maurizio Bufalini di Cesena, Italia pasca kecelakaan lalu lintas bersepeda 17 Mei 2017. Hayden lahir 30 Juli 1981. Dia adalah bibit seperti pembalap Amerika umumnya tempo dulu. Mereka lahir dari American Motorcyclist Association (AMA) dirt track dan berlanjut ke AMA supersport dan superbike.

Penampilan terakhir di superbike di sirkuit Imola pada 14 Mei 2017

Hayden ini generasi terakhir yang lahir dari pembimbitan seperti itu. Dan faktanya dia satu-satunya pembalap Amerika terakhir di MotoGP dan Superbike. Maksudnya sehabis dia meninggalkan kita, belum ada pembalap Amrik yang ada di dua arena dunia balap motor itu.

Saat juara dunia 2006 dan penampilan sekarang

Nah Hayden ini dominan dari dirt track (tanah) dan moge (aspal road race), maka 2003 Repsol Honda Team tergoda mengontraknya. Di Repsol Hayden juara dunia MotoGP 2006. Saat juara itu dia melawan keras legenda lain, Velentino Rossi yang sebelumnya satu tim dengan dirinya. Saat dia juara dunia Rossi sudah di Yamaha.

Dari Ducati ke tim satelit Honda

Hayden memperkuat Honda pabrik sampai 2008. Hayden pada 2009 pindah ke Ducati Team sampai 2013. Hayden pada 2014 masih di MotoGP lewat tim satelit Honda di  Drive M7 Aspar.

Kembali ketemu Rossi sama-sama di Ducati

Sudah mulai berumur Hayden pindah ke World Superbike sampai meninggalnya dengan Red Bull Honda World Superbike Team. Dia kecelakaan bersepeda santai setelah mengikuti ronde 6 WSBK di sirkuit Imola 14 Mei 2017. Hayden ditabrak mobil di dekat pantai Rumini, Italia pada 17 Mei 2017 dan lima hari dirawat di rumah sakit akibat cidera kepala yang parah.

Berikut foto-foto Nicky dalam karir pentingnya. Miolo

BAGIKAN