nhk

Riset Di Tangan Dani Pedrosa, KTM RC16 Untuk MotoGP 2020 Akan Setara Lawan

ManiakMotor – Laporan atau masukan dan koreksi atau lebih dikenal dengan trial and error memang seharusnya berpusat pada satu pembalap. Agar perjalanan bersama pasukan teknis pada R&D atau  Research and Development sangat jelas arahnya.

Karenanya, untuk membangun KTM RC16 tahun depan atau 2020 diserahkan pada satu pembalap. Jangan main-main dengan diri pembalap ini, dia punya pengalaman panjang dengan Honda di MotGP. Itu dia Dani Pedrosa yang disebut-sebut sebelumnya juga dipertahankan Honda, lantaran dengan dirinya Honda akan cocok dengan pembalap mana pun.

Termasuk yang ditunggangi Marc Marquez sekarang awalnya adalah basis pengembangan dari Pedrosa. “Saat ini dia (Pedrosa) sangat membantu dari sisi mesin dan elektronik. Memang pengalamannya sangat panjang di situ,” kata direktur teknis KTM MotoGP Sebastian Risse.

Pedrosa oleh KTM akan diberi berbagai umpan untuk dia rasakan pada pengembangan RC16 2020. Dengan satu rasa lewat Pedrosa doang, diharapkan akan ada kemajuan pesat pada KTM MotoGP, “Memang tidak setiap pembalap inti akan merasakan langkah dilakukan tester. Contoh bila ada sepuluh paket pengemmbangan dan kemudian dirasakan pembalap aslinya, dia mungkin akan bilang ini yang saya mu,” tambah Risse dari harapannya atas pengembangan dari Pedrosa.

Pedrosa yang dirayu habis-habisan untuk dapat menggantikan mundurnya Johann Zarco pada 2020 dan belum tertarik itu, mengaku lebih baik fokus jadi tester. “Dengan konsentrasi sebagai penguji, saya yakin RC16 selanjutnya akan semakin berkelas,” janji Pedrosa yang tetap pada pendiriannya sudah mundur dari tekanan berlomba, lebih enjoi jadi teseter.

KTM sendiri dengan komposisi pembalap dan tester saat ini, sebenarnya sudah komplit. Ada yang dari Honda dan Yamaha. Sebenarnya Yamaha diwakili Zarco tadi sebagai pembamding, agar bisa mendapat masukan soal Yamaha yang cenderung stabil atau ‘mudah’ dipecut. Sedang Pedrosa ya dari Honda dengan terkenal sebagai motor ‘liar’ tapi punya pegangan ban yang mantap.

Berarti dengan tester untuk RC16 2020 semuanya dari Pedrosa, nantinya jadi rasa sayap tunggal dong, kalee saja begitu. Miolo

BAGIKAN