Riset Porting Ex Model ‘Pemilu’, Satria RU Tim Dana Mas Win Meldy Motor Turun di West Java dengan M. Nurgianto! Pemanasan?

Maniakmotor.com – Jelang balap West Java di Sirkuit Brigif, Cimahi, Bandung 2-3 Maret 2024, tim Dana Mas Win Meldy Motor akan menurunkan motor langka dari Suzuki, yes bro, Satria RU dengan porting model pemilu, haha.

Motor langka keluaran tahun 1998 itu akan ditunggangi joki veteran M. Nurgianto. Lantas, apa maksudnya spek porting model pemilu dan apa kelas yang akan diikuti?

“Hehe, maksudnya kita pilih 2mm dalam meninggikan lubang porting buang. Kebetulan aja angkanya sama mas, tapi itu yang enak untuk saat ini. Itu juga dihubungkan langsung dengan knalpot Made by BKR,” kata Meldy, mekanik dari Meldy Motor.

Ngomong 2 tak, pastilah yang kudu  digarap port exhaust. Soalnye dari sini salah satu karakter korekan ditentukan. Makin kecil angka tingginya, rpm bawah dikorbankan dan atasnya oke.

Pastinya pendek, tinggi lubang buang memengaruhi rasio kompresi juga. Pokoknya urusan ‘hidup dan mati’ motor 2 Tak memang salah satunya lubang itu.

“Karena porting exhaust sedikit ditinggikan tadi, ada penyesuaian juga dari squish yang agak dilebarkan. Jadi tenaga bawahnya juga tetap dapet dengan menjadi 10,5 derajat,” ucap Meldy lagi.

Itu mulai cocok buat karakter sirkuit Sentul yang rolling. Tinggal dicocokkan lagi saja untuk gelaran di Bandung mendatang.

“Untuk kelas kita akan mengikuti Bebek STD 125, walau memang aslinya motor ini 120cc. Tapi ya di kelas itu bakal melawan motor-motor seperti F1ZR,” ujar Meldy saat ditemui di Sentul Karting, Selasa 27 Februari 2024.

“Bos kami dari NTT, dan memang rencananya motor ini akan ikut beberapa event club besar lain seperti Haji Putra. Jadi memang ini sekalian testing dan pemanasan, motor juga baru hari ini di setting dan tadi sudah dapat time 56,2,” pungkas Meldy.

Mantaps, gassskeun! RAIDER