nhk

Road Race 2020: Racetech Uji ECU Api Tech, Saingan aRacer Nih..!

Leon Chandra

Maniakmotor – Pasukan Racetech yang punya base camp di Cibinong, Jabar hanya selemparan batu ke sirkuit Sentul Kecil. Racetech kembali muncul di Sentul Kecil pada 12 Mei kemarin punya agenda khusus. Mereka sedang menguji ECU yang berlogo Api Tech menggunakan Yamaha MX-King spesifikasi MP5.

Pembalap andalannya Rey Taukore dan R Fadhil yang jadi jokinya. Tentu saja di belakang mereka ada ahli elektronik dari Racetech, Leon Chandra. Sudah bisa kelihatan pasti omongannya sangat optimis, karena speksifikasi mesin MP5 saja bisa mencetak 57 detik bersih dengan ECU Api Tecg. Itu sudah setara para jagoan MP5 yang menggunakan ECU aRacer di Sentul Kecil ketika One Prix.

“Saat dipola atau dipetakan, ECU melaporkan sangat konsisten. Pada programnya terdata dengan baik. Hasil di lintasan juga sama dengan hasil dyno.  Memang ada beberapa perbedaan, tapi itu sangart tipis, lantaran beda harga, hehe. Terutama di area saat opening throttle,” sebut Leon dengan serius.

Kalau perbedaan di area itu artinya masih jauh dong, hehe. Karena kalau di Indonesiakan dengan sederhana dalam istilahan balapan kita, maksudnya reasi membuka gas lmasih terlambat pembacaan API Tech. “Iya, tapi kami belum fokus untuk area ini saat dyno. Jadi harus diprogram ulang lagi,” tambah Leon yang didukung Rey yang bilang bila MP5 dikebut pembalap benaran kelas ini, pasti akan lebih tajam catatan waktunya.

Lanjut Leon, dia mulai terbiasa menggunakan aplikasi APITech yang katanya straight forward alias gk banyak cincongnya. Selain itu sensor lamda bisa menggunakan merek apa saja. Tinggal di kalibrasi. Leon sendiri katanya memakai Whiteband AEM Electronics yang biasa dipakai mobil. Selain itu hasil data log di sirkuit bisa di tarik ke layar yang sangat memudahkan untuk menyetting motor.

Leon juga menggunakan AFR 13-12,6 pada TPS 1%. Lalu pada rpm tinggi ia menggunakan AFR 12,5-13,0, “Karena pada putaran tinggi AFR 12,5-13,0 tidak terlalu berbeda. Maka yang paling aman menggunakan AFR 12,5,” tutup Ko Leon yang akan memperdalam pengetahuannya untuk ECCU Apitech.

Wah… nggak pakai aRacer lagi nih????? Raider

BACA JUGA

Road Race 2020: Nih Tim-Tim Yang Didukung Ban IRC Di Nasional..!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353