nhk

Road Race Karawang, Dua Kali Event Di Atas 400 Starter

ManiakMotor – Dua kali event di Karawang, Jabar, dua-duanya di atas 400 starter.  Mantap kaliii..! Oktober 2012 lalu road race di pusat kota Karawang dihadiri 492 starter. Sekarang atau yang berlangsung 22 – 23 Desember 2012 di eks pabrik mobil Timor, Dawuan, Karawang, Jabar, pula rame. Sebenarnya lokasi ini sudah wilayahnya Cikampek, tapi tidak apa-apa masih tetangga Karawang.

Nama event yang dipentas di sirkuit tersebut Mandasarin IRC Open Road Race 2012 (MIORR) yang diikuti 425 starter. Lagian, sirkuit eks pabrik mobil yang kontroversi di era Soeharto itu, sudah tiga tahun nggak dipakai untuk balapan. “Sukses, mungkin tidak ada event lain di daerah Jawa Barat (Jabar),” kata Edi Banda, Komisi Roda Dua IMI Jabar.

Jawaban yang obyektif. Bila ditelusuri, ini saling terkait dengan DKI dalam tahun 2012 tanpa kejurda dan klub event. Sekadar mengingatkan, bulan lalu di Purwakarta, juga starter di atas 400. Maksudnya, wilayah-wilayah itu masih dekat dengan DKI. Kalau diurut lagi, dari Bandung, Jakarta,  Bekasi, Banten dan bahkan Cirebon mudah mencapai Karawang, walau di event kali ini didominasi pembalap lokal.

Bibit dan bakat wilayah-wilayah tersebut yang dulunya konsisten bermain di DKI. Mereka penyumbang starter terbanyak di Kemayoran. Makanya, “Sirkuit yang dipakai sekarang akan diaspal kembali. Karena sudah lama tak terurus di beberapa bagian bergelombang dan rusak. Starter yang banyak ini butuh event yang rutin,” kata Herdiansyah, Ketua Koordinator Wilayah IMI Karawangyang juga langganan bikin event di kota yang terkenal dengan ‘melipat pinggang’ alias goyang Karawang.

Pantas, roda-roda motor mantul-mantul, bejek rem dalam-dalam, sluuutt brak brakk, terhempas akibat kerikil bercampur tanah.  “Saya selalu ikut kalau ada event balap di Karawang. Selagi tidak ada balap wajib dari tim. Seru saja, main di kampung halaman sendiri memang asyik,” ujar Tedy Permana, Pembalap Indoprix yang memperkuat Yamaha Trijaya.

Kembali lagi cerita strategis. Dibanding event yang sama di Karawang dua bulan lalu, penonton di Dawuan ini menyusut. Sebab, lokasinya memang jauh dari jalan raya. Angkutan umum jarang ke sana.  “Cara mengatasi penoton mudah ke sirkuit masih dipikir untuk bikin event tahun depan di sini,” kompak tiga penyelenggara, Noname, Moonraker dan Karawang Automotive Club (KAC).

Tahun depan atau 2013 itu, tinggal 7 hari. Adib

BERITA TERKAIT:

Hasil Lomba Road Race Karawang. 23 Desember 2012

Road Race Purwakarta, IRC Bara Open 400 Starter

Road Race Karawang; 492 Starter, 10.000 Penonton..!


BAGIKAN