nhk

Road Race Kebumen, 18 Tahun Wajib Seeded, Makin Sepi Nantinya

 

ManiakMotor– Pembalap berusia 18 tahun, tahun denpan wajib naik seeded. Kendati dia baru beberapa bulan ikut road race, waduh gawat!  Kabar itu tersiar di event KYT Pikoli FDR Road Race 2012 (KPFRR), di Kebumen, Jateng, Minggu (14/10). Agus Samsugama selaku juru cuap alias MC berkali-kali sampaikan info itu lewat pengeras suara tentunya.  Makin gawat lagi, MC kok tahu aturan ya. 

 

“Pokoknya yang berusia 18 tahun, tanpa melihat prestasinya wajib naik seeded. Regulasi ini dibuat atas nama kesinambungan prestasi pembalap. Masak iya, udah lumutan masih pemulaa,” kata Abraham Subhan dari Pengprov IMI Jateng saat dikonfirmasi maniakmotor.com. Ternyata doski yang kasih bisikan ke kuping sang MC.

Regulasi itu masih tahap pembahasan, dan akan dibawa ke Rakernas IMI November mendatang. Belum ketok palu tuh. “Belum saatnya dibuat begitu, bisa makin sepi road race nanti. Bisa-bisa banyak jurus tipu-tipu, memalsu data,” komentar Edward Indiel, promotor KPFRR. 

Indiel bicara dari sudut pandang promotor. Pastilah begitu. Semua juga tahu hidup mati promotor tergantung jumlah starter. Seperti di event ini hadir 250 starter. Angka tergolong besar di tarkam Jateng.  “Seeded itu jangan semata dilihat dari umur, tapi gimana skill -nya. Kalo tetap dipaksa naik seeded dengan kemampuan  belum mumpuni, bahaya dong,” saran Tamy Patria, pemula Jabar yang tahun ini dipastikan naik seeded.

Justru banyak sekarang yang seeded ingin kembali ke pemula, selain kalah terampil, juga kalah duit. Hahaha… kan itu yang menghiasai tarkam di Indonesia. Sudah pada ahli masih teruuuus aja di tarkam. Atau nggak ke balap matik. Nah, yang begitu justru yang diatur, bukan umur. Mereka  malah menghambat yang dari bawah. Kalau itu sih pendapat portal ini loh…      

“Jika aturan itu dipaksakan,  saya khawatir pada mundur teratur. Tahu sendirilah, bikin motor seeded tak murah. Minimal Rp 100 juta. Seeded privater yang dipaksa tadi, pasti pikir-pikir lagi mau balap. Lebih baik dibuat seperti  tahun 1996-an, ada seeded A dan B. Seeded B mereka yang baru naik seeded tapi dengan spek motor seperti MP 3 dan MP4, lebih murah kan,” saran Diki Hestu, pembalap era 90’an yang juga ortu Galang Hendra, pemula potensial Jogja yang saat ini gabung dengan tim Yonk Jaya, Jabar.

Maksudnya, sekarang saja sudah sepi, apalagi ada aturan itu.  Ardel 

BERITA TERKAIT:

Hasil Lomba Road Race Kebumen, 14 Oktober 2012

Road Race Karawang; 492 Starter, 10.000 Penonton..!

Hasil Lomba Road Race Karawang, 14 Oktober 2012

Motoprix Kenjeran, Pemula Tamat Di Region



 

BAGIKAN