nhk

Road Race Malam Tahun Baru Jogja, Motor Terbakar Jadi Kembang Api..!

 

ManiakMotor  – Jogja langganan pesta road race dirigi kembang api  pergantian tahun. Seperti menyambut 2013, sirkuit Mandala Krida benar berapi, bukan oleh kembang api.  Tapi, di race 9 yang melombakan babak pre final bebek 125 cc 4tak pemula  (MP-3), Honda Supra pacuan M. Lutfi (Citracell My Speed) berubah seperti kembang api. Ya terbakar motornya.  Padahal, Jogja sejak siang dilanda hujan sampai balapan berlansung menunggu detik-detik pergantian tahun

“Masuk R1 motor lepas kendali, jungkir balik sebelum akhirnya motor menggesek aspal. Di saat sama  bensin menetes dari karbu. Tetesan bensin itu langsung disambar percikan api busi. Dalam sekejap, api langsung membesar melahap motor saya,” bilang pembalap bernomor start 112 itu. Atas peristiwa ini  juri memutuskan start ulang.

M. Lutfi aman, ia sehat. Anggap saja motor yang terbakar ‘hiburan’ kembang api yang tiada tara. Tapi namanya kebakaran, mana ada indahnya, brosist? Apalagi buat M Lutfi yang motornya ludes. Tapi itulah Jogja, kota ini punya tradisi  balap malam pergantian tahun sejak 2001. Adalah VSC (Venture Sport Club)  yang memulainya.  

“Tradisi ini harus dipertahankan,” singkat Nadjib Saleh, bosnya VSC sembari mengepalkan tinju di tengah rintik-rintik hujan. Tinjunya, tanda tahun depan bila umur panjang dia akan bikin lagi acara yang sama. Semoga sehat selalu, pak..!

Dari tahun ke tahun pula eventnya bertitel  Old & New Year Nite Race 2012 (ONYNR). Juga menetap di sirkuit pelataran parkir Stadion Mandala Krida, seperti tahun ini atau 31 Desember 2012. “Memang judulnya pesta menyambut tahun baru. Tetapi, pembalap tetap fokus balapannya. Teknik, settingan dan strategi jangan diaggap main-main. Apalagi ini balap malam, hujan pula, Mas, nilai Irfan Riyadoh (Hamzah GMG) dan Riko Pranata (Rafa Binar Kate). Keduanya sebagai pemula yang jadi buah bibir saat ini dan jadi bintang.

Ada 270 starter yang ambil bagian seolah cuek beibeh pada guyuran hujan. Beberapa pembalap dari luar Jawa hadir seperti Banjarmasin, Papua, Ternate, Makasar.  Malam, hujan lagi. Yang diperhatikan adalah ban basah. Bahkan ban basah ini harus diturunkan lagi  tekanannya, karena terlalu dingin suhunya, sebut Galang Hendra Pranata, pemula potensial yang tahun 2013 dipastikan hengkang dari Yonk Jaya.

Nyatanya, kisah jungkir balik M. Lutfi terus diikuti pembalap lain, bahkan nyaris di setiap race. Tak  sampai ikut-ikutan terbakar memang. Maka itu, karena belum ada motor yang terbakar lagi, jelang 15 menit jam 00.00 waktu Jogja,  panitia berpesta sebentar membakar kembang api. Wuihhh… bunyi petasan dan kenalpot sahut-sahutan.

Singkat kata, balap malam menyambut tahun 2013 ini, kurang ideal karena dalam kondisi wet race atau trek basah. Di peraturan balap malam di Losail, Qatar, bila hujan MotoGP dan supporting race-nya akan ditunda atau ditiadakan. Sebab, sinar lampu akan berbalik seperti kaca, itu musuh utama balap malam. Tapi itu di Qatar, cerita di Indonesia beda. Makanya, Selamat Tahun Baru 2013! Ardel

BERITA TERKAIT:

Road Race Jogja, OLD & NEW YEAR NITE RACE 2012, 30-31 Desember 2012

Road Race Purwakarta, Gaspoooll Penutup Tahun

Road Race Karawang, Dua Kali Event Di Atas 400 Starter



 

 

BAGIKAN