nhk

Road Race: Malika Adalah MiniGP Hasil Karya Anak Cilodong, Nggak Kalah Dengan Import

MiniGP produksi Malika

ManiakMotor – MiniGP saat ini di Indonesia lagi marak. Motor balap sport yang mini-mini itu naik daun. Maka bermunculan versi-versi harga Indonesia. Kalau mau aslinya bermutu seperti merek Polini dari Italia, mahal brosist.

Di Sentul Besar ring 14 Malika dengan mesin Sonic MP5 tembus 1 menit 55 detik

Untuk versi Indonesia salah satunya Malika dari Cilodong, Depok, Jabar. Mereka merancang dengan cermat MiniGP yang sangat layak pakai, “Dan memang sudah banyak dipakai. Digunakan di lomba-lomba MiniGP Indonesia saat ada event,” kata Kang Endang seorang tokoh MiniGP yang berdiri di belakang Malika.

Diproduksi dari Cilodong

Malika memproduksi dewek MiniGP. Buatannya jempol yang telah teruji. Bahkan ada salah satu yang pernah dicoba Galang Hendra Pratama yang rodanya berdiameter 14 inci. Tapi aslinya, Malika mengeluarkan tipa roda ring 10 inci, ronda 12 inci dan 14 inci.

Khusus 10 inci memakai rangka pipa yang bulat-bulat atau terkenal dengan tubular. Dikonstruksi dengan mesin tidur. Terserah mau dipasangi mesin apa saja yang penting tidur, bisa masuk. “Sedang yang 12 inci dan 14 inci pakai sasis kotak. Rancangan sasisnya sudah sangat dihitung,” tambah Kang Endang yang bilang sasis kotak pakai material aluminium billet T6.

Mirip Moriwaki

Itu yang menggunakan ring 12 dan 14 boleh menggunakan mesin berdiri piston tunggal. Misalnya mesin 4T seperti MX-King, Sonic, dan sebagainya. Boleh juga pakai mesin 2T seperti punya bebek 125Z, Ninja 150 yang 2T sampai Ninja Mono 250 cc 4T. Tinggal pesan dan bilang akan dipasangi mesin yang dimau konsumen.

Soal harga seperti dibilang tadi, terjangkau dan lebih mantap dari buatan Cina itu. Untuk ring 10 inci rangka tubular tadi harganya Rp 15 jeti, tanpa mesin. Sedang ring yang 12 inci dan 14 inci dilego Rp 17 – 18 jeti. “Ring 12 dan 14 sama harganya, karena dasarnya ring 12 bisa diugrade ke ring 14. Harga ini tanpa mesin, ya,” pungkas Kang Endang yang bisa dihubungi di Jl. H. Abdul Ghani RT02/02, No.29, Cilodong, Depok, Jabar 08128108023. Raboka

BAGIKAN