nhk

Road Race Pati, Desain Sirkuit Moto2

ManiakMotor Semua tahu Rafid Topan Sucipto dan Doni Tata Pradita, dua pembalap Indonesia yang dipastikan ikuti Moto-2. Lho kok, udah tahu masih ditulis? Maksudnya, keduanya berasal dari joki bebek, lha, semua juga ngeh tuh. Iya, cuma, dari bebek menuju pentas dunia, pasti bisa.  Bebek jangan jadi alasan untuk hambatan ke sana. Justru dengan bebek, balapan bisa jaya di Indonesia. Ingat, balap bebek adalah warisan.  

Sama dengan KYT FDR Roa Race 2012 (KFRR) di sirkuit halaman parkir stadion Joyo Kusumo, Pati, Jawa Tengah (Minggu, 9/12). Diikuti 175 starter, melibas sirkuit dengan panjang 600 meter. Lintasan ini dihiasi 8 tikungan, 4 di antaranya adalah chicane. Katanya, bentuknya dibikin mirip balapan Moto2. Kalau ini sih kayaknya ngarang.  “Panjang ideal mestinya 1.200 meter, tapi tinggal ini lahan tersedia di Pati,” kata Santo Dwi, pimpinan lomba KFRR yang diselenggarakan Bintang Samudera Motor Club dan Indiel Organizer.

Chicane adalah tikungan berbalasan yang dikuasai dua pembalap. Yaitu, Tomy Orlando (Daya Teknik NHK)  dan Doohan Akbar (Yamaha Warid Uus GMG). “Butuh gemulai badan dan sekaligus kekuatan tangan untuk melewati chicane. Ya mirip orang menari dengan motor yang memiliki tenaga. Bila terlalu tinggi rpm, motor gampang sliding,” sebut Tomy yang 3 kali podium pertama di event itu.

Tikungan lainnya, ya harus merebahkan motor. Namanya juga tikungan, bro, masak sih disikat dengan motor lurus, itu namanya bablas. “Teori dasar tikungan itu out-in-out. Tetapi, soal mata saja di tikungan harus benar. Itu baru satu contoh soal indra. Masih banyak indra lain yang aktif untuk teknik out-in-out,” timpal Akbar yang kebanyakan pakai gigi 2 untuk tikungan di Pati.

Teori dasar apa pun bisa dapat, tapi tanpa memperbanyak jam terbang, semua tiada artinya. Jateng mulai sepi event road race, tak semarak beberapa tahun lalu. Padahal pemula butuh  banyak event untuk urusan jam terbang,” kata Edward Indiel selaku promotor yang merasa prihatin dengan adanya kebijakan  terbaru  pembalap harus punya dua KIS, daerah dan motoprix.

Itu kan namanya maju. Kan, kan, kan Moto2, pak. Ardel

BERITA TERKAIT:

Hasil Lomba Road Race Pati, Jateng, 9 Desember 2012

Hasil Semua Sesi IRS Sentul (Final), 8 – 9 Desember 2012

Rafid Topan Sucipto Dan Doni Tata; Resmi Terdaftar Di FIM Untuk Moto2

Dimas Ekky, Topan, Dan Doni Cabut Dari Yamaha Indonesia

 

BAGIKAN