nhk

Road Race; Tim Jose Cuervo Racing (Bali) Progress 2 Detik dengan R25, Padahal Kilikan Belum Maksimal

ManiakMotorGairah balap sport 250 cc menarik minat tim daerah, terutama  luar Jawa untuk ikut serta. Macam tim asal Bali,Laturama Jose Cuervo Racing Team yang  dikomandoi Roy Suyatno Laturama memilih  membidik event Yamaha Sunday Race (YSR) sebagai  awal kiprah mereka. Itu artinya, bukan tak mungkin level up di kejurnas sport (IRS).

“Hasil ikut dua seri YSR, sebagai dasar untuk pengembangan selanjutnya. Paling tidak ada progress bila dilihat dari catatan waktu. Awalnya, 1 menit 49,1 detik  jadi 1:47,7 detik, ini saja masih sekadar ‘penataan ulang’  kepala silinderi dari sebelumnya. Masih banyak potensi yang bisa dioptimalkan,” yakin  Bagus Mahajaya,  mekanik yang ternyata alumni Teknik Mesin ITN Malang, juga mantan pebalap Sport 150 cc. Berarti,  ada progress 2 detik dengan ubahan yang belum ekstrem. Pertanda, bahwa mekanik luar Jawa pun siap memberi perlawanan.

Oh ya, YSR event  Yamaha Indonesia yang dihajat di sirkuit Internasional Sentul  yang bergulir  tiga seri. Pantauan portal ini, hingga seri pamungkas (29/5) lalu memang makin antusias diikuti tim dan komunitas laur Jawa. Bali boleh dibilang penyumbang terbesar, “Untuk kategori  rider pro memang baru saya, tapi di kelas komunitas ada 9 rider,”ujar I Ketut Madiasta, akrab disapa Apem, pembalap tim.

Soal  teknis, “Masih banyak potensi dari R25 ini yang belum dikerjakan. Kita tidak mau langsung ekstrem. Camshaft saja masih berdurasi 243 derajat. Secara umum sekitar 70-80 persen masih mengandalkan part bawaan pabrik,” tutur Bagus Mahajaya yang berbasecamp di Jl. Tukad Bunyusari No. 54 Denpasar, Bali. 

Benar saja, Throttle-Body standar yang direamer jadi 33,9 mm, termasuk penggunaan double-injektor. Flow-ratenya pada 250 ml/menit. “ Untuk per-klep, saya aplikasi merk Koizumi yang terbukti 25 persen lebih kuat dari part standar, “tambah Bagus Mahajaya, menerangkan semburan tenaganya masih seputar 46,4 HP (Horse Power) saat di dyno di Sport Device, Bali. Ok gass! Ardel

BACA JUGA

Baca Ini Kalau Road Race Indonesia Mau Ramai Lagi (1), Regulasi Tak Tahu Diri..!

Road Race 2016: Sidrap Prix Night Race Seri II Diundur, Lho…Ada Apa ya?

Road Race : Sapril dan Rizal Libas Filipina Raih Podium 1-2 di Suzuka

ARRC Suzuka Jepang 2016: Yamaha Racing Indonesia, Cukup Oke Pada Race-2 AP250

Yamaha Sunday Race 2016 Sentul (Seri 3): Final YZF-R15, Balank Juara Umum Pakai R15 Korekan Hawadis

BAGIKAN