nhk

Robby Sakera Rebut Juara Novice One Prix 2019 Didorong Mutu Knalpot Proliner

Pasukan Proliner 549 Kaboci
Pasukan Proliner 549 Kaboci. Yang pakai blankon juara umum Novice, Robby Sakera

ManiakMotor – Proliner 549 Kaboci Racing Team setiap event membawa masing-masing empat knalpot Proliner untuk setiap kelas One Prix 2019. Basis knalpot Proliner ini dari TR2 yang tetap patuh pada produk massal jualan PT Enwan. Empat untuk MX-King kelas Novice yang pembalapnya M. Murobbil Vitoni dan MX-King kelas Expert yang dikebut Richard Taroreh.

Aksi Robby Sakera
Aksi Robby Sakera

Dan yang juara One Prix 2019 adalah kelas Novice lewat Murobbil alias Robby Sakera yang anak muda dari Madura, Jawa Timur. Dia tuntaskan juara tersebut di seri akhir One Prix di sirkuit Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur pada 9 – 10 November lalu.

Di race-1, Robby podium pertama dan langsung menobatkan dirinya juara umum. Sebab, menuju Suarabaya, Robby sudah memimpin klasemen, “Kelihatannya knalpot yang kami bawa cuma satu. Tapi sebenarnya setiap event tim punya empat model berbeda pada setiap pembalap,” sebut Achos de Lalang, owner sekaligus mekanik Proliner 549 Kaboci.

Keempat knalpot ini sejak seri awal dibawa-bawa dan setiap menuju seri berikutnya ada revisi. Di seri terakhir hanya mengubah sarangan pada silincer yang disesuaikan dengan karakter Bung Tomo. Sarangan dibikin lebih los, agar sisa gas buang segera bercampur dengan atmosfer. Karena Bung Tomo adalah tipe sirkuit bermain putaran mesin tinggi untuk ukuran bebek.

Artinya, desain leher, perut, sampai kerucut pada silincer sampai selincer-nya yang dirakit robotik PT Enwan, bro. Knalpot canggih man. Eh maksudnya, knalpot Proliner yang di tangan Kaboci 549 telah ketemu sejak di dua seri One Prix diadakan di Sentul Kecil.

“Pokoknya empat knalpot tersebut diperutukan untuk One Prix dan manjadi dasar juga untuk dibawa ke ARRC seri terakhir. Dalam perjalanannya setiap knalpot menyesuaikan dengan pembalap. mesin dan sirkuit. Tapi dari Sentul ke Bung Tomo, hanya sarangan itu yang diubah,” tambah Achos dengan logat Sulawesi-nya.

Rio Tan dari PT Enwan dan Achos
Rio Tan dari PT Enwan dan Achos

Begitu yang membawa Robby Sakera juara Novice di One Prix 2019. Dia mampu menunjukkan prestasi dengan dukungan Proliner, “Kami memang menopang tim yang orientasi akhirnya  untuk mutu knalpot Proliner mass product. Untuk Tim Proliner 549 Kaboci juga menggunakan part Racing Boy dan UMA Racing,” timpal Achib Putro, bos marketing PT Enwan yang diiyakan Rio Tan bagian teknik PT Enwan.

Proliner 549 Kaboci arahan Achos berrmarkas di Bogor, Jawa Barat. Tim ini pernah sakses besar di balap sport 250 cc dan 250 di Kejurnas IRS. Sekarang tim ini bernama Proliner 549 Racing Team yang awalnnya untuk fokus ke ARRC. Tapi Achos untuk mempertajam naluri korek-mengorek bebek, sekalian ikut One Prix 2019 yang disiarkan langsung oleh TV swasta tersebut. Rilis Proliner

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353