nhk

Ronde 2 Yamaha Sunday Race 2018 Sentul: Asyiknya Komunitas, YSR Buat Mereka 

R25 Com B Beginner

ManiakMotor – Tercatat 211 starter di seri ke-2  Yamaha Sunday Race 2018. Event ini berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor (5-6 Mei 2018).  Total tersaji 10 kelas yang  didominasi kategori komunitas.

Bagaimana pun juga, gelaran Yamaha Sunday Race adalah acara kombinasi. Wujud apresiasi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk penjejangan, profesoonal dan teman-teman komunitas di berbagai daerah. “Kalau kami dari komunitas, event YSR ini komplet. Keinginan kami tersalurkan, pembalap prof juga mendapatkan hasilnya,” sebut Habil Yusuf dari YROI yang juara Sport 250 Beginner.

Kelas baru R25 Comm B Beginner yang memang diperuntukkan untuk pembalap pemula baru dari komunitas. Di kelas ini, ikut 25 starter yang berasal dari wilayah DKI Jakarta, Jabar dan Banten. Mereka membawa nama tim YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia), kemudian Cornering Indonesia, Yamaha R25 Rider Club Indonesia (YARRCI) dan YRFI.

“Yamaha selalu melakukan improve untuk mengakomodir keinginan teman-teman komunitas. Kelas R25 Comm B Beginner dikhususkan untuk pembalap-pembalap komunitas baru yang ingin balapan di Sentul. Jadi kita selalu meningkatkan penyajian balapan Yamaha Sunday Race dari waktu ke waktu,” terang Kadek Suma, Divisi Motor Sports Yamaha Indonesia Motor Manufaturing (YIMM).

Perkembangan spesial terbukti berlangsung di kategori R25 Comm B Beginner. Proses edukasi dan komunikasi yang dilakukan konsisten, pada akhirnya semakin mempertajam catatan waktu.

Seperti yang dilakukan Habil itu, selain juara dia perebut pole-position dengan waktu tercepat 1 menit 58,751 detik dengan kecepatan rata-rata 119,7 km/jam.

Padahal saat putaran awal (1), Habil Yusuf Ibrahim mengukir waktu 2 menit 03,029 detik dan berada di deretan ke-3. Untuk waktu tercepat saat seri pertama dipegang Rafli Yazid Erfandi yang menorehkan waktu 2 menit 02,355 detik.  Jadi semakin tajam sekitar 3,6 detik. Perubahan yang sangat drastis atau luar biasa.

Pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memang tidak sekedar menyajikan sarana balapan di Sirkuit Sentul. Ada langkah edukasinya dengan fasilitas Riding Analyzer. Komunitas dapat mengetahui letak kekurangannya dalam konteks racing line, titik pengereman dan cornering. Data ini yang kemudian dipelajari dan diterapkan dalam setiap tahap balapan untuk bisa meraih catatan waktu yang lebih optimal. Rilis Yamaha

BACA JUGA

Hasil Seri 2 Yamaha Sunday Race Sentul, Bogor, Jabar 5 – 6 Mei 2018

BAGIKAN